Bupati Kubu Raya, Rusman Ali Saat Meninjau Pameran Hasil Kerajinan Maupun Kuliner Warga Sebelum Membuka Kegiatan Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Kubu Raya (Foto: Ist)
Bupati Kubu Raya, Rusman Ali Saat Meninjau Pameran Hasil Kerajinan Maupun Kuliner Warga Sebelum Membuka Kegiatan Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Kubu Raya (Foto: Ist)

KalbarOnline, Kubu Raya – Desa Rasau Jaya 1 (satu), mewakili Kecamatan Rasau Jaya dalam lomba Desa tingkat Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar), sekaligus menjadi lokasi dalam pelaksanaan penilaian lomba desa.

Penilaian yang dilaksanakan di Komplek Kantor Desa Rasau Jaya 1 (satu) ini, dilakukan langsung oleh Bupati Kubu Raya, Rusman Ali. Turut hadir mendampingi Bupati, Plt Sekda Kubu Raya Odang Prasetyo, Ibu Ketua TP.PKK Kabupaten Kubu Raya, Ibu Wakil Ketua TP.PKK Kabupaten Kubu Raya bersama Camat Rasau Jaya, Suhartono dan para pimpinan SKPD, Selasa (28/2).

Sebelum membuka kegiatan, Bupati Kubu Raya, Rusman Ali, beserta rombongan meninjau pameran hasil kerajinan maupun kuliner warga.

Ia mengatakan bahwa tujuan lomba desa yaitu untuk mengetahui perkembangan pembangunan desa, serta kinerja aparat Pemerintah Desa dalam menjalankan program pembangunannnya.

Ia juga mengharapkan agar kegiatan tersebut berjalan lancar dan maksimal. Serta dalam lomba desa ini untuk kedepannya diharapkan agar lebih menonjolkan potensi desa di masing-masing desa yang ditunjuk dalam mewakili lomba desa.

“Rangkaian ini kita harap berjalan lancar dan maksimal. Yang paling penting dalam lomba-lomba Desa ini adalah bagaimana kita tetap membangun semangat gotong royong di masyarakat. Jadi, tidak hanya penilaian semata-mata, melainkan ada nilai-nilai kebersamaan dan gotong royong yang terbangun. Saling mendukung dan saling mendorong untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dimasyarakat,” ujarnya.

Dalam lomba, berbagai hasil karya dari masyarakat turut dilombakan termasuk hasil kerajinan, kuliner yang dipamerkan, diantaranya, hasil bumi yang ada di Desa Rasau Jaya Satu seperti : ketela, jagung, ubi-ubian dengan berbagai olahan pangan, pohon buah, anyaman, lukisan, cemilan, serta aneka buah dan kuliner lainnya.

“Tujuan lomba desa yaitu untuk mengetahui perkembangan pembangunan desa, serta kinerja aparat Pemerintah Desa dalam menjalankan program pembangunannnya, juga yang paling penting dalam lomba desa tersebut untuk kedepannya supaya lebih menonjolkan potensi desa di masing-masing desa yang ditunjuk dalam mewakili lomba desa,” pungkasnya.

Sementara Sekretaris Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Kubu Raya, Dedi Yardi menjelaskan lomba desa akan dilakukan secara berjenjang dan berkelanjutan dari tingkat Kecamatan, Kabupaten sampai Provinsi, dan tujuan dari terselenggaranya lomba desa tingkat kabupaten antara lain merupakan suatu ajang dan evaluasi, mendorong rasa kegotong royongan masyarakat dan kesuadayaan masyarakat.

Dedy menjelaskan, ada 7 indikator penilaian meliputi pendidikan masyarakat, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, Pemerintahan Desa, lembaga kemasyarakatan, dan kegiatan PKK di Desa.“Namun yang paling penting adalah mengedepankan komitmen dari kinerja Pemerinrah Desa dengan warganya dalam membangun Desa. Serta beberapa hal penting, seperti pendidikan dan kesehatan sebagai pendorong peningkatan Indeks Pembangunan Manusia,” ujar Dedi Yardi. (Ian)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY