Pj Gubernur Kalbar Apresiasi Peran Satpol PP dan Satlinmas Sukseskan Pemilu

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson memberikan apresiasi atas peran Satpol PP yang ikut dalam menciptakan situasi kondusif saat pelaksanaan pemilihan umum serentak 2024 tanggal 14 Februari 2024 yang lalu.

Menurutnya, Satpol PP menjadi salah satu faktor penting dalam mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemilu melalui penertiban Alat Peraga Kampanye (APK), distribusi logistik dan hal teknis pendukung lainnya.

Di sisi lainnya, terdapat pula peran penting satuan perlindungan masyarakat (satlinmas) dalam tahapan yang sama. Di mana sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang ditetapkan pada tanggal 15 Agustus 2017, petugas keamanan, ketentraman dan ketertiban di setiap TPS berasal dari satlinmas sebanyak 2 (dua) personel.

“Tidak hanya berperan di TPS pada saat pemungutan suara, satlinmas juga berperan dalam menciptakan situasi yang kondusif di luar TPS, dan di setiap tahapan pemilu,” kata Harisson.

Hal itu disampaikan Pj Gubernur saat mengikuti Upacara Gelar Pasukan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-74, di Halaman Kantor Gubernur Kalbar, Jumat (08/03/2024) pagi.

Baca Juga :  Presiden Luncurkan Sertifikat Tanah Elektronik, Pj Gubernur Harisson Pastikan Kepemilikan Lebih Terjamin

“Berkenaan dengan hal tersebut, atas terselenggaranya pemilihan presiden dan pemilihan legislatif yang lancar dan damai, saya memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran Satpol PP dan satlinmas atas dedikasi serta kerja keras saudara dalam mendukung ketentraman serta ketertiban masyarakat pada pelaksanaan pemilu tahun 2024, sehingga masyarakat dapat menyalurkan aspirasi politiknya dengan aman dan tertib,” tutur Harisson lagi.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Ditjen Bina Adwil Kemendagri, jumlah anggota Satpol PP di seluruh wilayah Indonesia mencapai 105.872 personel, dengan status kepegawaian sebanyak 29.895 merupakan PNS dan 75.977 diantaranya merupakan Non ASN. Sementara total jumlah anggota satlinmas di seluruh Indonesia sebanyak 1.224.990 personel.

“Saya berharap Satpol PP dan satlinmas dapat bekerja sama dan bersinergi dengan TNI/Polri untuk turut serta menjaga stabilitas keamanan, khususnya pasca pemungutan suara yang berpotensi dapat menimbulkan konflik,” ujarnya.

Sebagaimana kesuksesan dalam menjaga pemilu serentak, Harisson juga meminta kepada seluruh anggota Satpol PP untuk terus menjaga kesiapsiagaan dalam menciptakan suasana aman dan tertib dalam mendukung pelaksanaan pilkada serentak tahun 2024.

Baca Juga :  TPID Pontianak Gelar Rakor: Antisipasi Gejolak Harga Jelang Natal dan Tahun Baru

Di luar itu, lebih lanjut Harisson turut mengharapkan, agar Satpol PP dan satlinmas juga dapat terus mendukung upaya pemerintah dalam mengendalikan inflasi daerah serta menjaga stabilitas dan distribusi bahan pokok masyarakat melalui pengawasan terhadap praktik-praktik penimbunan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, terlebih sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Oleh sebab itu, perkuat koordinasi dengan instansi terkait serta lakukan tugas-tugas aktual untuk turut mengawal distribusi bahan pokok dan bantuan sosial oleh pemerintah,” ujarnya.

Upacara gelar pasukan tersebut turut dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Kalbar Plh Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, para kepala perangkat daerah Provinsi Kalbar, serta para kepala Satpol PP provinsi dan kabupaten/kota se Kalbar. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment