Ani Bagikan Tablet Tambah Darah ke Pelajar SMAN 8 Pontianak: Upaya Jangka Panjang Tekan Stunting

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) terus memberikan perhatian dalam penanganan stunting di Kota Pontianak. Upaya jangka pendek, menengah hingga jangka panjang sudah dilaksanakan. Salah satu antara upaya jangka panjang adalah dengan memberikan tablet penambah darah kepada para siswi tingkat SMA sederajat.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak Ani Sofian menuturkan, pemberian tablet tambah darah ini dilakukan untuk mempersiapkan calon pengantin yang sehat secara fisik dan mental.

“Tiga hal yang pasti akan dialami remaja putri. Pertama menstruasi, kedua diet untuk mempercantik. Dan ketiga adalah melahirkan. Ketiga hal itu harus didukung zat besi yang cukup, agar remaja putri selalu dalam keadaan yang sehat,” katanya usai membagikan tablet penambah darah kepada pelajar putri SMA Negeri 8 Kota Pontianak, Selasa (13/02/2024).

Baca Juga :  Terobosan Puskesmas Tanjung Hulu Tangani Stunting Lewat Gerakan Makanan Bergizi Selama 90 hari

Ani mengajak remaja putri untuk rutin mengkonsumsi makanan atau minuman yang kaya zat besi. Seperti sarapan, makan siang dan malam. Salah satu sumber zat besi adalah ikan, hati ayam, sapi dan kambing.

“Kemudian juga beras dan tepung terigu, minyak jangan kurang. Dan paling praktis adalah tablet penambah darah,” sebutnya.

Baca Juga :  Pj Gubernur Kalbar dan Pj Wako Pontianak Cek Kesiapan Peresmian Duplikasi JK 1

Pentingnya konsumsi tambah darah ini agar generasi mendatang dapat terhindar dari stunting, karena orang tuanya yang sehat secara fisik. Ani menyampaikan, di tahun 2045, Indonesia sudah harus memiliki kekuatan perekonomian nomor empat di dunia. Untuk itu, persiapannya harus dibuat sedini mungkin.

“Jadi anak-anak nanti ditargetkan untuk mencapai posisi top management di perusahaan-perusahaan, tidak hanya pekerja kasar,” tutupnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment