Harisson Pimpin Rapat Pematangan Persiapan Pengamanan Imlek dan Cap Go Meh 2024

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar, Harisson memimpin rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka pengamanan Imlek 2575 dan Cap Go Meh 2024, di Graha Khatulistiwa Polda Kalimantan Barat, Senin (05/02/2024).

Rakor yang dibuka oleh Kapolda Kalbar, Irjen Pol Pipit Rismanto itu diikuti oleh Forkopimda Provinsi Kalbar, Pj Sekda Provinsi Kalbar, Mohammad Bari, para kepala perangkat daerah terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalbar dan diikuti secara virtual oleh instansi terkait di beberapa kabupaten/kota se-Kalbar.

Dalam kesempatan itu, Harisson menjelaskan, bahwa etnis Tionghoa akan menyambut dan merayakan Tahun Baru Imlek 2575 dan Cap Go Meh 2024 pada tanggal 10 Februari 2024 dan berlangsung selama 14 hari. Perayaan itu akan diwarnai dengan berbagai tradisi yang dimulai sejak malam menjelang Tahun Baru Imlek dan kemudian beberapa hari kedepannya akan disusul oleh perayaan Cap Go Meh.

“Mari bersama-sama mempersiapkan dan memastikan semuanya berjalan sebagaimana mestinya,” katanya.

Baca Juga :  Kader PKK Miliki Peran Strategis Dalam Mensejahterakan Keluarga

Disampaikan Harisson, terdapat beberapa poin penting yang harus dipersiapkan dan diantisipasi selama perayaan berlangsung, antara lain pengamanan dengan tetap menjaga ketertiban sehingga tercipta ketentraman, ketersediaan layanan kesehatan, ketersediaan sarana transportasi dan rekayasa lalu lintas, ketersediaan sarana akomodasi yang humanis, ketersediaan dan distribusi kebutuhan bahan pokok, meningkatkan pengelolaan sampah, melakukan mitigasi jika terjadi bencana, mendukung peningkatan layanan infrastruktur dan juga di pusat perbelanjaan dan UMKM.

Tak hanya itu, dalam upaya mendorong dan menggerakkan pariwisata di Kalbar, dirinya berpesan agar hospitality dan kebersihan di seluruh destinasi-destinasi wisata yang ada di Kalbar dapat menjadi perhatian.

“Agenda ini juga merupakan salah satu acara yang menarik perhatian banyak orang dan menyedot banyak wisatawan untuk datang berkunjung, dan tidak lupa bahwa kita akan merayakan pesta demokrasi,” katanya.

Harisson pun mengajak seluruh masyarakat Kalbar untuk terus menjaga kerukunan dan tidak mudah terpecah belah jelang pemilihan umum 14 Februari mendatang.

Baca Juga :  Pimpin Rakor Pengendalian Inflasi, Pj Gubernur Harisson Imbau Pemkab Pemkot Gencar Lakukan Operasi Pasar

“Mari bersama-sama terus berkomitmen melaksanakan tugas dan fungsi kita dengan baik dan berkolaborasi dengan semua sektor demi Kalbar maju, aman dan kondusif,” katanya.

Sementara itu, Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto mengatakan, bahwa Operasi Liong Kapuas 2024 rencananya akan dilakukan selama 17 hari mulai dari tanggal 9 Februari sampai dengan 25 Februari 2024.

“Mudah-mudahan di tanggal 14 ini nanti semua lancar-lancar saja, normal-normal saja untuk di Kalimantan Barat, sehingga ini akan berjalan lebih baik lagi, kami sangat membutuhkan dukungan dan informasi terkini dari seluruh pihak terkait atas perkembangan dan kesiapan menjelang pengamanan perayaan Imlek dan Cap Go Meh,” katanya.

Dirinya mengaku, bahwa Polda Kalbar tidak dapat bekerja sendiri, sehingga dibutuhkan kerja sama dan dukungan dari seluruh pihak untuk bersama-sama mensukseskan Imlek dan Cap Go Meh di Kalbar. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment