Ganesa 2024 Resmi Digelar, Momentum Estafet Para Siswa Lanjut ke Jenjang Perguruan Tinggi

KalbarOnline, Pontianak – Ketua Ikatan Alumni SMA Negeri 1 (Smansa) Pontianak, Windy Prihastari mengajak seluruh pelajar di Kalimantan Barat untuk memanfaatkan Gelar Nuansa Edukasi (Ganesa) tahun 2024 sebagai wadah informasi terkait studi lanjutan ke perguruan tinggi.

Ganesa tahun 2024 ini dibuka secara resmi oleh Penjabat Sekda Kalbar, Mohammad Bari yang dirangkai dengan peluncuran bank mini, di SMAN 1 Pontianak, pada Jumat (12/01/2024).

Ganesa 2024 digelar atas kerja sama IKA Smansa Pontianak bersama, SMA N 1 Pontianak dan komite sekolah. Acara tersebut diikuti oleh perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Indonesia.

Windy menyampaikan, pada Ganesa 2024 ini juga digelar sosialisasi yang bertujuan untuk memotivasi siswa-siswi SMAN 1 Pontianak dan siswa seluruh Kalimantan Barat guna meraih studi lanjutan dengan semangat baru.

“Jadi saya mengajak seluruh siswa agar gunakan fasilitas yang sudah kami berikan dalam acara Ganesa 2024, untuk mempersiapkan diri sebagai lulusan yang siap melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi yang bergengsi,” ujarnya.

Tak hanya sosialisasi, di acara ini juga akan diberikan arahan bagaimana para siswa dapat memilih jurusan sesuai minat masing-masing, serta akan diberitahukan peluang-peluang dari tiap jurusan yang mereka ambil, yang sesuai dengan peluang lapangan kerja kedepannya.

“Mereka harus punya keinginan untuk tahu dan mencari tahu, apa saja yang mereka butuhkan ketika ingin daftar kuliah. Dan menentukan jurusan yang mereka inginkan sesuai minat mereka,” kata Windy.

Lewat acara ini pula, para siswa bisa bertanya apa saja yang harus disiapkan ketika mereka ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sebab di acara ini juga akan dihadirkan langsung perwakilan dari beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia.

Baca Juga :  Mohammad Fauzan Rela Pensiun Dini, Demi Memenangkan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

“Saya harap para siswa yang hadir bisa menggunakan kesempatan ini untuk bisa berdiskusi dan konsultasi terkait studi lanjutannya. Sehingga mereka sudah ada gambaran kedepannya, khususnya bagi siswa kelas 12,” pesan Windy.

Selain itu, di acara ini nantinya akan ada kunjungan resmi kepala sekolah dan guru dari SMA Jakarta Barat.

“Pada momentum ini juga akan sekaligus memperkenalkan SMAN I Pontianak dengan Predikat Sekolah Ramah Anak Tingkat Nasional 2023. Selain itu, memperkenalkan SMAN I Pontianak sebagai Sekolah Sadar Hukum dan HAM Tingkat Provinsi Kalbar 2023,” tuturnya.

Sebelumnya, Ganesa 2024 dan peresmian Bank Mini SMAN 1 Pontianak tersebut ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Pj Sekda Kalbar, Mohammad Bari dengan didampingi Kepala Sekolah SMAN 1 Pontianak, Indang Maryati, perwakilan dari Bank Kalbar serta perwakilan dari IKA SMANSA Pontianak.

Pada momentum tersebut, Pj Sekda Kalbar juga berpesan kepada siswa kelas 12 untuk mempersiapkan diri dan mempunyai tujuan dalam melanjutkan jenjang pendidikan di perguruan tinggi.

“Siswa kelas 12 harus mencari informasi universitas mana yang akan menjadi tempat belajar selanjutnya. Tidak hanya untuk siswa kelas 12, namun juga untuk siswa kelas 11 dan 10 harus mulai mencari informasi tersebut,” ujar Bari.

Dalam sambutannya terkait peluncuran bank mini, Bari menyampaikan, dengan diluncurkannya bank mini oleh Bank Kalbar ini merupakan sebuah langkah inovasi dalam mengedukasi pelajar.

Baca Juga :  Kumpul Bareng Disporapar Kalbar, Luncurkan Kalbar Connext hingga Donor Darah dan Diskusi Politik

“Kehadiran bank mini kiranya dapat menjadi solusi bagi perbankan untuk mengedukasi para pelajar agar terbiasa melakukan transaksi keuangan. Sehingga dapat bermanfaat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di masa mendatang,” ungkap Bari.

Dirinya meyakini, dengan hadirnya bank mini di sekolah, dapat membantu pelajar untuk berpikir ke depan dalam memulai usaha kecil dan menengah sejak dini.

“Dengan begitu, mereka akan berperan dalam memajukan perekonomian di Kalimantan Barat. Terima kasih Bank Kalbar atas inovasi yang baik ini,” sampainya.

Dalam kesempatan yang sama, Bari turut mengapresiasi SMAN 1 Pontianak yang telah mendapatkan predikat Sekolah Ramah Anak Tahun 2023 dan Sekolah Sadar Hukum dan HAM Tahun 2023. Dirinya berharap hal ini dapat menjadi contoh untuk sekolah-sekolah di seluruh Kalbar.

“Saya ucapkan selamat kepada SMA Negeri 1 Pontianak atas pencapaiannya, saya berharap seluruh SMA dan SMK di Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya dan juga Kabupaten Mempawah bisa menjadi Sekolah Sadar Hukum dan HAM pada tahun ini dan tahun-tahun mendatang,” ucapnya.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penobatan Sekolah Ramah Anak Tingkat Nasional dan Sekolah Sadar Hukum dan HAM oleh Pj Sekda Kalbar kepada Kepala Sekolah SMAN 1 Pontianak. Di penghujung acara, juga dilakukan penyerahan simbolis Bantuan Toilet dari Perwakilan IKA kepada Kepala Sekolah SMAN 1 Pontianak. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment