SDN 04 Benua Kayong Ketapang Raih Penghargaan Ajang Syair Internasional Tahun 2023

KalbarOnline, Jakarta – SDN 04 Benua Kayong asal Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat berhasil meraih penghargaan pada ajang Festival Syair Internasional Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Rumah Seni Asnur (Perruas), di Theater Jakarta Taman Ismail Marzuki, Sabtu (30/12/2023) lalu.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama dua hari, dari tanggal 29 Desember sampai 30 Desember 2023 itu, juga diberikan penghargaan kepada mentor penggerak syair pelajar, yakni Ruhaimi asal Kabupaten Ketapang.

Sebelumnya, peserta Festival Syair Internasional ini dilepas langsung Wakil Bupati Ketapang, Farhan didampingi Asisten Sekda dan Kadis Pendidikan Ketapang, pada Rabu (27/12/2023), di Ruang Rapat Wabup Ketapang.

Guru Pendamping SDN 04 Benua Kayong, Ruhaimi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Ketapang atas dukungan untuk mengikuti festival ini.

Baca Juga :  Bebas Beraktivitas, Pengurugan Tanah di Sungai Awan Kiri Diduga Tak Kantongi Izin

“Terima kasih dukungan tak terhingga dari Pemerintah Kabupaten Ketapang yang telah mendukung kami sehingga bisa mengikuti kegiatan Festival Syair Internasional dan Syair Pelajar se-ASEAN,” ucapnya.

Sementara itu, Pimpinan Perruas, Asrizal Nur dalam sambutannya mengatakan, bahwa Perruas berawal dari Rumah Seni Aznur dengan pembinaan kecil lalu berkembang menjadi sebuah perkumpulan.

“Kegiatan yang kita adakan ini merupakan sebuah hari raya syair pertama kali di dunia yang diikuti kurang lebih ratusan peserta dari beberapa negara,” ujarnya.

Asnur berharap, agar tahun depan Perruas lebih sempurna lagi untuk mengadakan acara sehingga bisa lebih sukses lagi.

Baca Juga :  Bantu Korban Banjir, Basarnas Turun ke Kecamatan Tumbang Titi

“Selain itu, Perruas juga setelah ini memiliki program membuat Masjid dan Pesantren  usia emas jamaah khosnul khotimah. Pesantren ini untuk orang-orang yang lanjut usia,” jelasnya.

Peserta syair internasional ini diantaranya diikuti oleh Malaysia, Singapura dan Indonesia. Tampak dari Malaysia, Presiden Penulis Nasional (Pena) Malaysia, Mohamad Saleeh Rahamad, penulis dan penyanyi Roslan Madun dan lain-lain.

Dari Indonesia, hadir Dato Rida K Liamsi, Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Penggagas Festival Sastra Internasional Gunung Bintan (FSIGB) ini selain turut meluncurkan Antologi Syair untuk Negeri dan membacakan syairnya yang masuk dalam buku 2600 halaman ditulis oleh 2023 penulis syair. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment