Pj Gubernur Harisson Sampaikan Amanat Menag pada HAB ke-78 di Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia (Menag) pada apel peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama Republik Indonesia, di halaman Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Jalan Sultan Syahrir Pontianak, Rabu (03/01/2023).

Dalam pidato itu disebutkan, sebagai institusi yang memiliki tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama dan pendidikan keagamaan, tugas kementerian agama tidaklah ringan. Selain itu memiliki tugas untuk membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama. Bekal pendidikan agama moderat adalah pondasi kokoh dalam mewujudkan kerukunan umat beragama demi tercapainya tujuan pembangunan.

“Selamat memperingati Hari Amal Bakti ke-78 kementerian agama. Semoga kementerian agama terus jaya, serta menjadi oase dan pelayan umat yang terbaik,” ucap Harisson.

Lebih lanjut disampaikan, pada tahun 2024 ini dihadapkan pada peristiwa politik, yakni pemilihan umum. Agenda politik ini adalah satu hal yang lumrah dan merupakan agenda kita semua sebagai warga negara.

Baca Juga :  Semangat Kolaboratif Bank Kalbar Dukung Upaya Pemprov Tekan Stunting

“Saya mengajak untuk senantiasa menjaga diri, keluarga, dan masyarakat sekitar. Bagi ASN Kementerian Agama, jagalah netralitas sesuai dengan ketentuan perundangan. Dengan balutan netralitas itu, saya meminta kepada ASN kementerian agama untuk membantu menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat,” katanya.

“Mari kita kawal pemilihan umum ini dari potensi penggunaan politik identitas, terutama identitas keagamaan. Kampanyekan kepada masyarakat untuk tidak menggunakan politik identitas karena mudharat-nya sangat besar dan dapat berujung pada disintegrasi bangsa,” sambung Harisson.

Tak hanya itu, dirinya juga menghimbau agar pemilihan umum sebagai agenda yang penuh riang gembira dan suka cita.

Sebagaimana tahun sebelumnya, sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian kepada negara, kementerian agama tahun ini kembali mengajukan kepada Presiden RI untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 10.198 pegawai negeri sipil kementerian agama.

Baca Juga :  Bang Midji Akan Hadiri Nobar Final Piala Dunia 2018 di Digulis, Ramaikan !

“Permohonan itu telah dikabulkan Bapak Presiden. Dan pada Hari Amal Bakti ke-78 ini, atas nama Bapak Presiden, diberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada 1.071 orang, 20 tahun kepada 2.810 orang, dan 10 tahun kepada 6.317 orang pegawai negeri sipil kementerian agama,” ujarnya.

“Saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan. Semoga penghargaan tersebut semakin meningkatkan kinerja ASN Kementerian Agama dan menambah kebanggaan, sebagai bagian dari Korps Kementerian Agama,” tambah Harisson.

Sebagai informasi, dalam kesempatan tersebut Pj Gubernur Kabar juga menyerahkan piagam penghargaan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat, atas Program Kampung Zakat dan Program Pemberdayaan Ekonomi Umat. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment