PLK Kabupaten Ketapang Lestarikan Budaya Melalui Perlombaan

KalbarOnline, Ketapang – Dalam rangka milad yang ke 6, Perkumpulan Lawang Kekayun (PLK) Negeri Matan Tanjungpura Kabupaten Ketapang mengadakan Ekspresi Budaya Melayu Ketapang dengan tema “Kita Tingkatkan Literasi Budaya, Melanjutkan Ketapang Maju Menuju Masyarakat Sejahtera”.

Wakil Bupati Ketapang, Farhan berterima kasih kepada organisasi kebudayaan seperti PLK, karena telah melestarikan budaya daerah di Kabupaten Ketapang, sehingga budaya seni dan budaya Melayu dapat dilestarikan dan berkembang.

“Saya berharap pelaksanaan kegiatan ekspresi budaya Melayu Ketapang dapat menjadi wahana untuk menumbuhkan semangat dan motivasi kita dalam upaya menggali, melestarikan dan mengembangkan nilai budaya yang hidup di dalam masyarakat Melayu Kabupaten Ketapang,” ujarnya, Sabtu (16/12/2023).

Baca Juga :  Lepas Kontingen Ikuti Fornas ke-VII Jabar, Ketum Kormi Ketapang Targetkan Emas

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, pemerintah daerah bertugas melaksanakan pemajuan kebudayaan, menjamin perlindungan atas ekspresi budaya, memelihara kebhinekaan dan menyediakan sumber pendanaan untuk pemajuan kebudayaan.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang telah mengalokasikan anggaran fasilitas event budaya yang dilaksanakan paguyuban etnis dan komunitas budaya, salah satunya memfasilitasi tempat dan biaya, selain itu pemerintah juga memfasilitasi pelaksanaan event-event budaya yang dilaksanakan di kecamatan-kecamatan,” terangnya.

Baca Juga :  Semarakan HUT Ketapang ke-605, Persatuan Lawang Kekayun Gelar Ziarah Akbar dan Haul Makam Keramat Sembilan

Bertempat di Citimall Ketapang, ekspresi budaya Melayu ini diikuti anak-anak tingkat SD dan masyarakat umum dengan jumlah peserta sebanyak 150 orang.

Adapun perlombaan yang diadakan antaranya Lomba Tari Kreasi Melayu Umum, Lomba Dendang Melayu Umum, Lomba Peragaan Busana Melayu Umum dan Lomba Mewarnai tingkat SD. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment