Bupati Kapuas Hulu Salurkan Ambulans Air di Kecamatan Suhaid

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menyerahkan ambulans air kepada Puskesmas Kecamatan Suhaid, Kapuas Hulu, Selasa (12/12/2023) siang.

Penyerahan itu dilakukan disela-sela menghadiri acara Gerakan Pengendalian Penyakit Prioritas dan Kebugaran Jasmani serta syukuran akreditasi Puskesmas Kecamatan Suhaid.

Dalam kesempatan itu, Bupati Fransiskus menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan Gerakan Pengendalian Penyakit Prioritas dan Kebugaran Jasmani. Kegiatan ini merupakan langkah yang sangat penting untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Suhaid.

“Penyakit prioritas terdiri dari kardiovaskuler, diabetes mellitus, tuberkulosis dan hipertensi, penyakit tersebut merupakan penyakit yang dapat mengancam masyarakat secara luas,” katanya.

Ambulans air. (Foto: Ishaq/KalbarOnline.com)
Ambulans air. (Foto: Ishaq/KalbarOnline.com)

Bupati juga memandang, bahwa Puskesmas Suhaid telah melakukan pelayanan yang maksimal dan bermutu, sehingga wajar jika Puskesmas Suhaid mendapatkan predikat paripurna, untuk itu perlu dipertahankan dan terus ditingkatkan dalam pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga :  Bupati Kapuas Hulu Tinjau Hasil Pengerjaan Peningkatan Jalan Desa Seberu - Nanga Lungu

“Oleh sebab itu saya minta pelayanan tetap kita lakukan yang terbaik untuk masyarakat. Terima kasih atas kerja keras yang luar biasa bagi seluruh nakes, kepala puskesmas, dokter dan seluruh pihak yang terlibat, sehingga kita bisa mendapatkan predikat paripurna,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) Kabupaten Kapuas Hulu, Sudarso menyatakan, puskesmas sedianya dituntut untuk memberikan pelayanan kesehatan masyarakat yang paripurna, adil, merata, berkualitas dan memuaskan masyarakat.

Untuk dapat menghasilkan kinerja yang optimal dan berkualitas serta dapat memuaskan masyarakat maka seluruh sumber daya yang ada sebagai input dalam pelayanan, harus dikelola secara baik, menggunakan prinsip-prinsip manajemen yang dimulai sejak saat perencanaan, pergerakan, pelaksanaan, pengendalian, pengawasan dan penilaian untuk menghasilkan output yang efektif dan efisien pada semua kegiatan di puskesmas.

Baca Juga :  Bagaimana Rasanya Kontraksi? Begini Rasanya, Mums!
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menghadiri acara syukuran Puskesmas Suhaid. (Foto: Ishaq/KalbarOnline.com)
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menghadiri acara syukuran Puskesmas Suhaid. (Foto: Ishaq/KalbarOnline.com)

“Maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai salah satu upaya dalam pengendalian penyakit prioritas dan peningkatan kebugaran jasmani, sehingga angka penyakit yang disebabkan oleh penyakit yang tidak menular dapat dikendalikan dengan maksimal, sehingga meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan jasmani dan rohani,” terang Sudarso.

“Selain itu, tujuan syukuran akreditasi puskesmas ini merupakan suatu apresiasi dan penghargaan bagi Puskesmas Suhaid yang sudah mencapai mutu pelayanan puskesmas yang paripurna,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi, sejumlah kepala OPD, Camat Suhaid, Candra Ardiansyah, kapolsek, danramil serta Kepala Puskesmas Suhaid. (Haq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment