Tekan Inflasi, Windy Ajak Peran Keluarga Gencarkan Penanaman Cabai di Pekarangan Rumah

KalbarOnline, Pontianak– Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Kalbar, Windy Prihastari mengajak TP PKK Provinsi kabupaten dan kota untuk ikut andil dalam upaya penekanan inflasi di Provinsi Kalbar.

Selain itu diharapkan, TP PKK juga mengajak peran keluarga untuk manfaatkan pekarangan  rumah sebagai sumber pangan dalam upaya tekan inflasi di Kalbar.

Dalam waktu dekat ini, Pemprov Kalbar bersama TP PKK Provinsi Kalbar juga akan mencanangkan Gerakan Penanaman Cabai (Gertam Cabai) di Provinsi Kalbar.

Hal ini juga sebagai tindak lanjut arahan Ketua Umum  PKK Pusat, Tri Tito Karnavian melalui surat edaran yang ditujukan kepada Ketua TP PKK Provinsi se-Indonesia nomor 356/Pokja III/PKK.Pst/XI/2023, perihal Menggalakkan Kembali Gerakan Penanaman Cabai (Gertam Cabai).

Dalam surat tersebut disampaikan, bahwa TP PKK perlu melakukan usaha konkret untuk menekan harga cabai, salah satunya dengan memasifkan kembali gertam cabai. Program ini akan dilaporkan secara rinci ke pusat, di mana nantinya lewat laporan dari PKK, tiap provinsi akan menjadi pertimbangan TP PKK Pusat untuk melakukan verifikasi dan memberikan penghargaan kepada daerah yang berhasil dalam gertam cabai.

Baca Juga :  Sinergitas Pembina Posyandu, Demi Capai Indonesia Emas 2045

Seperti diketahui, Windy juga rutin mendampingi Penjabat Gubernur Kalbar saat turun langsung melakukan sidak harga bahan pokok dan meninjau operasi pasar murah dalam setiap kunjungan kerja (kunker) ke beberapa daerah di Kalbar.

Pada momentum turun ke pasar itulah digunakan Windy untuk bertemu para ibu-ibu rumah tangga, mengajak peran keluarga dalam memanfaatkan pekarangan rumah sebagai sumber pangan.

“Dalam hal ini, saya inginkan TP PKK se-Kalbar untuk ikut andil dan berperan dalam menekan angka inflasi melalui berbagai program. Contoh kita bisa menanam cabe untuk menekan inflasi. Kita (PKK) ikut menggerakkan masyarakat di sekitar kita, dimulai dari rumah tangga untuk menanam cabe dengan menggunakan pekarangan rumahnya,” ujarnya.

Baca Juga :  Volume Sampah di Pontianak Melonjak 50 persen di Hari Lebaran

Windy juga menyampaikan, TP PKK mempunyai 10 tugas pokok yang selaras dengan gertam cabai sebagai upaya penekanan inflasi. Di mana terdapat pada Pokja III TP PKK yang mempunyai program yakni mengelola program pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga.

“Di PKK ada yang namanya Aku Hatinya PKK, yang merupakan kepanjangan Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman,” katanya.

“Lewat Program Aku Hatinya PKK merupakan program yang menggerakkan masyarakat dalam memanfaatkan halaman rumah sekitar atau pekarangan dengan tanaman-tanaman produktif berupa apotik hidup, warung hidup maupun tanaman hias,” pungkasnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment