Mendagri Minta Kepala Daerah Serius Jaga Stabilitas Inflasi

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson mengikuti rapat koordinasi pengendalian inflasi mingguan yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian secara virtual dari Ruang Data Analytic Room (DAR), Senin (13/11/2023).

Rakor tersebut diikuti oleh seluruh kepala daerah, serta TPID yang ada di masing-masing kabupaten/kota di Indonesia.

Dalam rapat ini, Harisson didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Provinsi Kalbar, Ignasius dan Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Kalbar, Harry Ronaidi Mahaputrawan beserta jajaran.

Mendagri Tito dalam arahannya mengatakan, bahwa untuk saat ini angka inflasi di Indonesia berada di peringkat terendah dibanding negara-negara lain atau tepatnya di rangking 141 dari 186 negara yang ada di dunia. Bahkan Indonesia yang tergabung dalam kelompok negara G20 kita (Indonesia) berada di peringkat 19 terendah dibanding dengan Uni Eropa lainnya.

“Angka ini cukup bagus, bahwa Indonesia masih mampu menjaga stabilitas harga di tengah ketegangan politik di belahan dunia. Perang yang masih berlanjut Antara Rusia dan Ukraina, ditambah lagi agresi Israel dan Hamas,” kata Tito.

Baca Juga :  Jelang Nataru, Sekda Kalbar Minta TPID di Kabupaten-Kota Benar-benar Perhatikan Masalah Stok dan Distribusi Sembako

Pada rakor tersebut, dirinya juga mengingatkan kembali atas angka yang telah dirilis oleh Badan Pusat Statistik  inflasi year on year atau perbandingan pada Tahun 2023 dan 2022 masih di angka 2,56 persen sebagaimana yang telah di target oleh Menteri Perekonomian sebagai Tim Pengendali Inflasi Pusat kurang lebih di angka 3 persen.

Namun kalau melihat perbandingan angka dari bulan ke bulan, baik dari September ke Oktober, terjadi kenaikan sebesar 0,17 persen. Ini masih terjadi kenaikan yang cukup signifikan, meskipun lebih rendah dari bulan Agustus ke September yang berada di angka 0,19 persen.

“Memang kita pernah mengalami deflasi sebesar minus 0,25 persen, terutama di bulan Agustus di angka 0,19 persen, September 0,17 persen, kemudian inflasi tahun kalender baik dari Desember tahun 2022 ke Oktober 2023 masih terjadi kenaikan meskipun ini masih terkendali,” terang Tito.

Baca Juga :  Rawat Pasien Corona, Iran Bangun RS dalam Hitungan Hari

Lebih lanjut dirinya mengimbau, untuk inflasi di daerah terutama kabupaten dan kota dan provinsi yang masuk dalam sepuluh besar penyumbang inflasi tertinggi untuk benar-benar bekerja dengan baik dan terus berkoordinasi bersama seluruh jajaran terkait.

“Saya minta kepada penjabat yang baru untuk betul-betul fokus ini menyangkut atensi utama dari kemendgari dan atensi utama juga dari Bapak Presiden yang mana dua minggu yang lalu telah dilaksanakan rapat bersama seluruh kepala daerah di Istana Jakarta. Yang mana salah satu  isu penting dari rapat tersebut menyangkut inflasi,” ujar Tito.

“Ini menunjukan bahwa para pemimpinnya sangat serius dan mengkoordinasikan permasalahan di daerahnya cukup baik,” timpalnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment