Gerakan Pangan Murah Pemprov Kalbar Dukung Stabilitas Harga Jelang Idul Fitri

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura menyelenggarakan “Gerakan Pangan Murah Serentak Nasional” dalam rangka apel siaga untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), Idul Fitri 1445 H.

Acara itu dibuka oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, Mohammad Bari di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar, Senin (01/04/2024). Bari dalam kesempatan itu mengatakan, bahwa kegiatan ini juga digelar dalam dalam rangka memastikan pasokan pangan menjelang Idul Fitri 1445 H.

“Yang jelas Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menjamin ketersediaan stok pangan menjelang Idul Fitri yang Insya Allah akan diadakan juga beberapa kali ke depan dan kalau sekarang di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan besok kita adakan juga di Kodam XII Tanjungpura,” ucap Bari usai kegiatan.

Baca Juga :  Pemprov Kalbar Gelontorkan Rp 130 M untuk Jalan Provinsi di Ketapang

Selain itu ia menyebutkan, bahwa digelarnya gerakan pangan murah ini juga bertujuan untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Kami (pemerintah) pastikan bahwa gerakan pangan murah ini akan terus dilaksanakan sehingga masyarakat dapat terbantu dalam memenuhi kebutuhan,  apalagi menjelang Idul Fitri nanti, dan dipastikan harga di bawah harga pasar. Dan jenis barang yang kita sediakan di sini diantaranya, beras, minyak makan, gula, telur, susu, bawang merah dan bawang putih, ada juga ayam serta daging dan lain-lain,” terangnya.

Baca Juga :  Cegah Inflasi Jelang Ramadan, Edi Kamtono Minta TPID Pontianak Pastikan Ketersediaan Stok Pangan

Bari menyebut, untuk harga kebutuhan pokok di Kalbar saat ini memang ada beberapa yang masih mempengaruhi inflasi dan ada juga beberapa jenis bahan pokok  yang turun seperti cabai merah.

“Oleh karena itu, kita berharap mudah-mudahan bisa menjaga kestabilan harga sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya sesuai dengan kemampuan,” pungkasnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment