Maknai Hari Pahlawan, Jajaran Pemkot Pontianak Ziarah Makam Pejuang

KalbarOnline, Pontianak – Selain menggelar upacara, momentum peringatan Hari Pahlawan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak juga dirangkaikan dengan ziarah ke makam para pahlawan dan veteran yang ada di Kota Pontianak.

Ada tiga makam pahlawan yang menjadi tujuan para kepala perangkat daerah, yakni makam almarhum Gusti Said Rani di Gang Kamboja, almarhum Gusti Lagum Amin di TPU Sungai Bangkong dan almarhum Atmo Umar di Gang Bukit Semedang Sungai Jawi.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pontianak Trisnawati mengatakan, Hari Pahlawan merupakan momen yang penuh makna untuk mengenang jasa dan pengorbanan para pejuang yang telah berjuang dengan gigih demi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Di hari yang bersejarah ini, katanya, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghormati dan mengenang jasa para pejuang tersebut adalah dengan melakukan ziarah makam.

Baca Juga :  Jalan Provinsi Kalbar Kondisi Mantap Capai 1.109 Kilometer

“Ziarah makam pejuang juga memberikan kesempatan untuk kita merenung dan bersyukur atas perjuangan serta pengorbanan yang telah dilakukan oleh pejuang bangsa. Melalui ziarah tersebut, kita dapat mengenang dan mendalami nilai-nilai kejuangan yang menjadi bagian penting dari sejarah bangsa,” ujarnya, Jumat (10/11/2023).

Trisnawati menambahkan, dengan berziarah ke makam para pejuang sebagai wujud memaknai semangat Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November. Ziarah makam ini juga sebagai bentuk menjaga dan mewariskan nilai-nilai kebangsaan kepada generasi mendatang.

Kepala OPD di jajaran Pemerintah Kota Pontianak berziarah ke makam para pejuang sebagai rangkaian peringatan Hari Pahlawan. (Foto: Kominfo/Prokopim Pontianak)
Kepala OPD di jajaran Pemerintah Kota Pontianak berziarah ke makam para pejuang sebagai rangkaian peringatan Hari Pahlawan. (Foto: Kominfo/Prokopim Pontianak)

“Sehingga semangat perjuangan dan keberanian para pejuang akan terus hidup dan menjadi inspirasi bagi kita semua dalam membangun bangsa yang lebih baik,” imbuhnya.

Baca Juga :  Entah Lelah atau Lupa, Karolin Ngaku Siap Maksimalkan Pendidikan? Sutarmidji Sudah Duluan Bahkan Sudah Ada Buktinya

Ziarah makam para pejuang yang telah gugur demi memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini tidak hanya sekadar seremonial saja, tetapi bagaimana para peziarah datang dengan hati yang penuh penghormatan dan rasa syukur.

“Mari kita renungkan pesan-pesan perjuangan yang mungkin telah terlupakan, serta mengambil pelajaran berharga dari kisah heroik pejuang terdahulu,” ajaknya.

Selain berziarah, para peziarah melanjutkan anjangsana ke rumah ahli waris para pejuang untuk memberikan bantuan tali asih.

“Meski tidak sebanding dengan yang telah dikorbankan para pejuang, tetapi inilah sebagai bentuk kami menghormati dan menghargai beliau-beliau yang telah gugur demi memperjuangkan kemerdekaan,” pungkasnya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment