Rumah Sakit Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Beri Edukasi tentang Skabies

KalbarOnline, Pontianak – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak memberikan informasi dan edukasi kesehatan kepada 40  pasien dan pengunjung rumah sakit tentang Skabies, Kamis (23/11/2023).

Dokter Muda Amalia Bestari, SKed, menuturkan skabies adalah penyakit yang disebabkan oleh infestasi kulit oleh tungau sarcoptes scabiei. Penyakit ini juga sering dikenal dengan kudis, budukan atau gudik.

“Tanda gejala yang sering muncul dari skabies seperti gatal pada kulit di malam hari, menyerang secara berkelompok, terdapat bintik-bintik di kulit (terowongan), dan sering terkena di daerah sela-sela jari tangan dan kaki, daerah lipatan tubuh lainnya,” jelasnya.

Baca Juga :  Edi Kamtono Minta Jajarannya Hemat Anggaran

Dokter Muda Andi Muhammad Hasbi AH, SKed, juga menambahkan skabies dapat menular dari kontak langsung seperti berjabat tangan, tidur bersama, hubungan seksual, maupun kontak tidak langsung, misalnya pakaian, handuk, sprei yang digunakan secara bersamaan.

“Komplikasi akibat garukan, kulit dapat mengalami ekskoriasi dan terjadi infeksi sekunder oleh bakteri. Infeksi sekunder dapat memicu komplikasi sistematik seperti penyakit ginjal dan penyakit jantung rematik,” paparnya.

Andi juga menambahkan skabies dapat dicegah dengan C-I-N-T-A yaitu Cegah kontak langsung dengan penderita skabies, Ingat selalu untuk jaga kebersihan diri, Nyuci pakaian, sprei, dan selimut secara rutin, Tidak menggunakan barang secara bersama, Ayo periksa ke dokter.

Baca Juga :  Pemkot Pontianak Tutup Sementara Taman Alun Kapuas

Dokter muda kepaniteraan stase kulit juga memberikan tips untuk penderita skabies untuk memeriksakan diri bila mengalami keluhan.

“Cuci semua baju dan alas tidur dengan air mendidih dan periksakan semua anggota keluarga untuk diobati secara serempak,” tutupnya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment