Cegah Terjadinya Banjir, Dinas PUPR Kayong Utara Lakukan Normalisasi Parit di Desa Medan Jaya

KalbarOnline, Kayong Utara – Dalam menanggulangi serta mencegah terjadinya banjir, Dinas PUPR Kabupaten Kayong Utara melakukan pengerjaan normalisasi parit di Desa Medan Jaya, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara.

Hal itu disampaikan oleh Plt Kepala Dinas PUPR Kayong Utara, Budi Utomo, saat diwawancara oleh KalbarOnline melalui pesan singkat, Kamis (02/11/2023).

“Iya Bang benar di Medan Jaya sedang dilakukan pengerjaan normalisasi program penanggulangan pencegahan banjir,” jelas Budi.

Selain itu, Budi mengatakan, dana yang dikeluarkan untuk pengerjaan normalisasi parit tersebut sekitar Rp 200 juta. Kemudian, lanjutnya, untuk panjang pengerjaan saat ini belum diketahui, dikarenakan secara teknis PPK di lapangan yang akan menjelaskan.

Baca Juga :  Plt Kadis PUPR Kayong Utara Tanggapi Keluhan Warga Terkait Jalan Rusak
Aktivitas pengerjaan normalisasi parit di Jalan Poros Desa Medan Jaya, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara. (Foto: Dok. Santo)
Aktivitas pengerjaan normalisasi parit di Jalan Poros Desa Medan Jaya, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara. (Foto: Dok. Santo)

“Dana yang tersedia kurang lebih Rp 200 juta dan untuk panjang penanganan pengerjaannya biar PPK yang secara teknis dapat menjelaskan,” terangnya.

Lebih lanjut Budi mengatakan, bahwa normalisasi yang dilakukan di Desa Medan Jaya merupakan salah satu bentuk respon Dinas PUPR Kayong Utara dalam menanggapi keluhan warga saat terjadi banjir pada musim hujan.

Baca Juga :  Jelang Lebaran, Pemkab Kayong Utara Sidak Pasar Teluk Melano

“(Karena) jika musim hujan terjadi banjir salah satu penyebabnya adalah parit dan saluran pembuang yang sudah lama tidak dilakukan normalisasi, antara lain di daerah air rimba dan jalan Poros Medan Jaya,” terangnya.

“Selain itu, sebenarnya usulan warga juga agar bisa membuat gorong-gorong atau box culvert sebagai salah satu mempercepat arus air keluar dari pemukiman warga, mudah-mudahan kedepan bisa kita lakukan,” tutup Budi Utomo. (Santo)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment