Jelang Pemilu, Wako Edi Ajak Pemilih Pemula Saring Informasi

KalbarOnline, Pontianak – Para pemilih pemula untuk pertama kalinya akan menggunakan hak pilihnya pada pesta demokrasi yang akan digelar pada 14 Februari 2024 mendatang. Sebagai pemilih pemula, memahami cara cerdas memilih sangat penting dalam mendukung proses demokrasi yang sehat.

Di depan 100 orang peserta workshop Sekolah Kebangsaan yang terdiri dari mahasiswa berbagai perguruan tinggi di Pontianak, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono berharap para pemilih pemula bisa memperoleh informasi sebanyak-banyaknya dari paparan yang disampaikan oleh narasumber.

“Satu hal yang perlu diingat adalah pentingnya menyaring berbagai informasi yang tersebar di media sosial dan internet, mana yang benar dan mana yang hoax,” pesannya pada kegiatan workshop Sekolah Kebangsaan yang digelar Lembaga Studi Islam dan Masyarakat (LSIM) bertema “Pemilih Pemula: Cerdas Memilih Bebas Hoax” di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Pontianak, Sabtu (28/10/2023).

Baca Juga :  Musrenbang Kecamatan Pontianak Kota, Edi Sebut Fokus Infrastruktur
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyampaikan sambutan pada Sekolah Kebangsaan bertema "Pemilih Pemula: Cerdas Memilih Bebas Hox". (Foto: Prokopim Pontianak)
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyampaikan sambutan pada Sekolah Kebangsaan bertema “Pemilih Pemula: Cerdas Memilih Bebas Hox”. (Foto: Prokopim Pontianak)

Menurutnya, untuk menangkal informasi hoax, hal yang penting dilakukan adalah selalu memverifikasi informasi yang diperoleh. Jangan mudah percaya pada semua berita atau informasi yang muncul di media sosial. Periksa terlebih dahulu kebenaran informasi itu dengan mencari sumber terpercaya dan diverifikasi.

“Sehingga tidak mudah terpengaruh oleh isu-isu hoax dan dalam menentukan pilihannya sesuai hati nurani,” ungkapnya.

Edi berpendapat, pemilih yang cerdas adalah pemilih yang memiliki pemahaman yang paripurna. Baik dari segi wawasan politik dan aktif mencari tahu program setiap calon. Pemilih yang cerdas juga mengenali dinamika di daerahnya sendiri, maupun tingkat nasional. Dari situlah, sambungnya, pemilih yang cerdas akan memilih calon yang tepat.

Baca Juga :  Lantik 4 Pejabat Eselon 2b, Ini Pesan Pj Bupati Romi Wijaya
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono berfoto bersama seluruh peserta Sekolah Kebangsaan dengan tema 'Pemilih Pemula: Cerdas Memilih Bebas Hoax'. (Foto: Prokopim Pontianak)
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono berfoto bersama seluruh peserta Sekolah Kebangsaan dengan tema ‘Pemilih Pemula: Cerdas Memilih Bebas Hoax’. (Foto: Prokopim Pontianak)

“Pelajari program-program dan visi misi para calon secara mendalam. Pahami standar etika dan integritas calon serta rekam jejaknya,” tuturnya.

Dia menilai, partisipasi pemilih pemula dalam Pemilu mendatang sangat mempengaruhi kualitas Pemilu. Sebab semakin banyak atau tingginya partisipasi warga menggunakan hak pilihnya maka semakin berkualitas Pemilu yang dilaksanakan lima tahun sekali ini.

“Para pemilih juga harus cerdas dalam menentukan pilihannya karena ini menentukan masa depan bangsa Indonesia,” pungkas Edi. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment