Ruang KIP Diskominfo Kayong Utara Dilalap Sijago Merah

KalbarOnline, Kayong Utara – Salah satu ruangan di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kayong Utara terbakar, pada Jumat (27/10/2023) siang, sekira pukul 14.00 WIB.

Berdasarkan keterangan video yang beredar di media sosial, salah satu ruangan yang dilalap sijago merah yaitu ruangan bidang pengelolaan Komunikasi dan Informasi Publik (KIP).

Saat dihubungi awak media, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kayong Utara, Ronny Iswandi membenarkan kebakaran itu. Namun saat ini dirinya sedang ada urusan di luar kota.

“Sudah saya telepon Bang Rahadi dan sudah dipadamkan, (penyebab kebakaran, red) api dari korsleting listrik,” terang Ronny kepada awak media.

Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kayong Utara terbakar, pada Jumat (27/10/2023) siang. (Foto: Santo)
Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kayong Utara terbakar, pada Jumat (27/10/2023) siang. (Foto: Santo)

Saat kejadian, belasan personel dan dua unit mobil pemadam dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kayong Utara dengan sigap melakukan pemadaman, sehingga api tak menyebar ke ruangan lainnya.

Baca Juga :  APBD 2024 Kayong Utara Fokus Pengendalian Inflasi, Kemiskinan, hingga Pemilu

“Kita mendapat laporan (Dinas Komunikasi dan Informatika) langsung bergerak ke lokasi. Api dapat kita padamkan dengan cepat. Asap hitam berasal dari plafon salah satu bangunan, memang api belum sempat membesar saat itu,” ungkap koordinator lapangan BPBD Kayong Utara, Herwansyah.

Selain itu, beberapa barang berharga seperti dokumen milik Dinas Komunikasi dan Informatika berhasil diamankan dengan cepat.

“Ia sebagian besar berhasil diselamatkan, kursi, berkas. Itu ada satu lemari terkunci jadi tidak sempat dikeluarkan berkasnya,” tuturnya.

Petugas melakukan upaya pemadaman api di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kayong Utara. (Foto: Santo)
Petugas melakukan upaya pemadaman api di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kayong Utara. (Foto: Santo)

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Elektronik Dinas Kominfo Kayong Utara, Sya’bansyah mengatakan, saat terjadi kebakaran, ruang KIP tersebut sedang kosong, karena beberapa pegawai sedang istirahat.

Baca Juga :  Cabuli Anak Bawah Umur, Pemuda di Kayong Utara Cekoki Korban dengan Miras

“Sebagian (pegawai) sudah datang, tapi ada juga yang belum karena jam istirahat. Ruangan KIP yang terbakar saat itu sedang kosong. Mendapat informasi ruangan (KIP) terbakar, kita langsung menghubungi BPBD, Alhamdulillah api berhasil dipadamkan dengan cepat,” tuturnya.

Sya’bansyah belum dapat memastikan penyebab kebakaran. Namun, bila melihat sumber asap diatas plafon, kemungkinan asap disebabkan korsleting listrik.

“Tidak tahu ya penyebabnya karena apa, mungkin karena listrik, karena sumber asap dari atas dek (plafon),” ungkapnya.

Dari peristiwa tersebut, tidak ada korban jiwa dan beberapa barang berharga di dalam ruangan sebagian besar dapat diselamatkan. (Santo)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment