Tabung Gas Meledak di Nanga Kalis Hanguskan Rumah Umar

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Kebakaran hebat melanda satu unit rumah pribadi di Jalan Lintas Selatan, Dusun Karya Suci, Desa Nanga Kalis, Kecamatan Kalis, Kabupaten Kapuas Hulu, pada Kamis (30/05/2024) pukul 12.40 WIB.

Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Hendrawan melalui Kapolsek Kalis, IPDA Catur mengatakan, rumah tersebut milik salah seorang warga setempat bernama Umar (40 tahun).

“Mendengar ada laporan dari warga, saya (Kapolsek Kalis) dan anggota segera turun ke lokasi kejadian untuk membantu memadamkan api yang melalap rumah tersebut,” ujarnya.

IPDA Catur menyampaikan, berdasarkan saksi mata, Heni Yuningsih, melihat adanya percikan api dari tabung gas di dapur. Dia segera memanggil Dayat, yang sedang berada di rumah orang tuanya, Haniti, untuk membantu.

Baca Juga :  Dua Desa di Bunut Hulu Belum Terakses Jaringan Telekomunikasi

“Dayat mendapati api sudah membesar di dapur, dengan kompor gas menyala dan api menyebar ke dinding rumah. Dayat segera menyuruh Heni dan anaknya keluar dari rumah dan menyelamatkan barang-barang yang bisa dibawa. Sementara itu, Heni meminta bantuan warga sekitar untuk memadamkan api,” terangnya.

Dengan bantuan masyarakat, petugas gabungan dari Polsek Kalis, BPBD Kabupaten Kapuas Hulu, dua unit mobil pemadam kebakaran milik Dinas BPBD Kapuas Hulu dan satu unit mesin Robin milik Desa Nanga Kalis, api akhirnya berhasil dipadamkan sekitar pukul 13.30 WIB. Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian material ditaksir mencapai Rp 120 juta.

Baca Juga :  Genset Terbakar, Pengunjung Warkop Coffee Hall Kocar Kacir

“Kebakaran ini dipastikan berasal dari tabung gas yang meledak saat Heni Yuningsih sedang menggoreng makanan, disaksikan oleh Dayat. Sementara menunggu perbaikan rumah, Umar dan keluarganya menumpang di rumah mertuanya, Haniti, yang berlokasi di belakang rumah yang terbakar,” tutur IPDA Catur.

Ia menambahkan, peristiwa ini dapat menjadi pengingat bagi warga akan pentingnya kewaspadaan terhadap potensi bahaya kebakaran di rumah, khususnya yang bersumber dari peralatan dapur.

“Masyarakat diharapkan lebih berhati-hati dan selalu siap menghadapi situasi darurat agar kejadian serupa tidak terulang kembali,” kata IPDA Catur. (Haq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment