Sosialisasikan Aplikasi “Ada Polisi”, Ditbinmas Polda Kalbar Laksanakan Asistensi ke Polres Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Tim Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Kalbar melaksanakan kegiatan asistensi Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) serta sosialisasi aplikasi “Ada Polisi” ke Mapolres Ketapang, pada Kamis (30/05/2024) pagi.

Acara yang berlangsung di Aula PPKO Mapolres Ketapang itu dihadiri oleh anggota satbinmas dan bhabinkamtibmas jajaran Polres Ketapang. Kegiatan ini dibuka oleh Kapolres Ketapang yang diwakili Kasat Binmas AKP Sumiadinata.

Dalam kesempatannya, Sumiadinata menyampaikan pentingnya peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

“Pokdarkamtibmas merupakan garda terdepan dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif. Dengan adanya aplikasi ‘Ada Polisi’, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah berperan aktif serta berpartisipasi dalam menjaga keamanan di lingkungan warga,” ujarnya.

Dalam sesi asistensi, anggota bhabinkamtibmas diberikan pembekalan mengenai teknik-teknik dasar pengamanan lingkungan, deteksi dini terhadap potensi gangguan kamtibmas, serta cara berkoordinasi bersama warga masyarakat. Materi ini disampaikan oleh Kasubdit Binpolmas Ditbinmas Polda Kalbar, Kompol M Sahid Hadiwijaya, yang juga menekankan pentingnya kerja sama antara masyarakat dan polisi dalam menciptakan rasa aman di lingkungan.

Baca Juga :  Tim Mobile Kodim 1203/Ktp Gerilya Bagikan Masker

Sesi berikutnya adalah sosialisasi aplikasi Ada Polisi, sebuah aplikasi inovatif yang dikembangkan oleh kepolisian untuk memudahkan masyarakat dalam melaporkan kejadian dan mendapatkan informasi terkait keamanan. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengirim laporan secara real time, mendapatkan notifikasi mengenai situasi kamtibmas di sekitar mereka, serta berkomunikasi langsung dengan petugas polisi.

Bripka Marthinus Panggabean, salah satu anggota Tim Ditbinmas Polda Kalbar yang menjadi pemateri pun turut menjelaskan cara penggunaan aplikasi tersebut.

“Aplikasi Ada Polisi dirancang agar mudah digunakan oleh semua kalangan. Masyarakat bisa melaporkan kejadian dengan cepat dan tepat, serta mendapatkan respons yang segera dari petugas kepolisian,” jelasnya.

Acara ini juga diisi dengan sesi tanya jawab, di mana para bhabinkamtibmas diajak pemateri untuk mempraktekan serta memahami pengaplikasian di lapangan, sehingga ke depan komunikasi antar bhabinkamtibmas dengan warga desa binaan terus berkesinambungan dalam rangka memelihara harkamtibmas di desa binaan.

Baca Juga :  Meriahkan HUT Polwan ke-74, Polres Ketapang Gelar Olahraga Bersama

Di akhir acara, Kasubdit Binpolmas Ditbinmas Polda Kalbar, Kompol M Sahid Hadiwijaya berharap, agar semua bhabinkamtibmas dapat memanfaatkan ilmu yang didapat serta dapat menggunakan aplikasi Ada Polisi dengan maksimal.

“Kepada bhabinkamtibmas, silahkan ajak warga masyarakat untuk aktif dan menjadi mitra, berpartisipasi dalam menjaga keamanan lingkungan,” tutup Kompol Sahid.

Secara umum, kegiatan asistensi dan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pengawasan keamanan lingkungan dan memperkuat sinergi antara masyarakat dan kepolisian dalam menjaga ketertiban, di khususnya di Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment