Kesiapan Hadapi Pilkada 2024, Satuan Samapta Polres Ketapang Laksanakan Latihan Dalmas

KalbarOnline, Ketapang – Dalam rangka mempersiapkan pengamanan menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024, Satuan Samapta Polres Ketapang melaksanakan latihan pengendalian massa (dalmas) di lapangan Mapolres Ketapang, Jalan Brigjend Katamso Nomor 01 Ketapang, pada Kamis (30/05/2024) pagi.

Latihan yang dibuka oleh Kasat Samapta IPTU Arisman itu diikuti oleh seluruh anggota Satuan Samapta dengan tujuan meningkatkan kesiapan dan keterampilan dalam menghadapi situasi kontijensi selama pelaksanaan pilkada tahun 2024.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

“Latihan ini sangat penting untuk memastikan bahwa kita siap dalam menghadapi berbagai potensi gangguan keamanan selama tahapan pilkada. Kesiapan dan profesionalisme kita sebagai aparat kepolisian adalah kunci dalam menjaga ketertiban dan keamanan,” ujar IPTU Arisman dalam arahannya.

Latihan dalmas ini mencakup berbagai skenario penanganan kerusuhan massa, mulai dari teknik pembentukan formasi, penggunaan peralatan dalmas, hingga simulasi penanganan demonstrasi yang berujung anarkis. Para anggota Satuan Samapta juga dilatih untuk tetap mengedepankan pendekatan persuasif dan humanis dalam setiap tindakan pengamanan.

Baca Juga :  Kuswandi Dapat Mandat dari Ketum DPP Partai Golkar Maju Calon Bupati Kapuas Hulu

IPTU Arisman menambahkan, bahwa latihan ini merupakan bagian dari rangkaian persiapan yang telah direncanakan sejak awal tahun.

“Kami rutin melakukan latihan dalmas untuk memastikan setiap anggota siap dan sigap dalam menghadapi segala kemungkinan yang bisa terjadi selama penyelenggaraan pilkada. Fokus kami adalah menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat,” jelasnya.

Selama latihan, terlihat para anggota Satuan Samapta dengan sigap membentuk formasi dalmas, menggunakan tameng, tongkat dan peralatan lainnya sesuai dengan standar operasional prosedur. Mereka juga berlatih cara menghadapi massa dengan berbagai tingkat ancaman, mulai dari aksi damai hingga tindakan anarkis.

Salah satu anggota Satuan Samapta, Briptu Andi mengungkapkan, bahwa latihan ini sangat berguna dalam meningkatkan kemampuan dan kesiapan mental.

“Latihan ini sangat membantu kami untuk lebih siap menghadapi berbagai situasi. Dengan latihan rutin, kami jadi lebih percaya diri dalam menjalankan tugas pengamanan,” katanya.

Baca Juga :  Sambut Hari Lahir Pancasila Koramil Sukadana Ormas Gelar Bakti

Kapolres Ketapang, AKBP Tommy Ferdian dalam kesempatannya juga menekankan pentingnya sinergi dengan berbagai pihak dalam menjaga keamanan pilkada.

“Polres Ketapang akan terus berkoordinasi dengan Pemda Ketapang, TNI, Satpol PP, dan elemen masyarakat lainnya untuk memastikan pilkada berjalan aman dan lancar. Partisipasi aktif dari semua pihak sangat diperlukan,” terangnya.

Dengan latihan dalmas yang intensif dan berkelanjutan, pihaknya berharap dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat selama penyelenggaraan tahapan pilkada 2024. Kesiapan ini merupakan wujud komitmen Polres Ketapang dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di wilayahnya. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment