Pengamat: Ganjar-Mahfud Berpeluang Gaet Suara Kaum Muda

KalbarOnline, Nasional – Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Ade Reza Hariyadi berpendapat pasangan bacapres dan bacawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD berpeluang besar menggaet mayoritas suara kaum pemuda di pilpres 2024.

Syaratnya, kata Ade, Ganjar-Mahfud harus punya visi-misi yang sejalan dengan kebutuhan kaum muda dan bisa diterjemahkan menjadi program-program yang terukur dan rasional

“Program-program yang memiliki aspek rasionalitas yang basisnya adalah pemilih kaum muda. Ini mesti dikemas menjadi satu di kampanye politik yang tepat. Saya kira peluang untuk mendapat dukungan kaum muda ini cukup menjanjikan,” ucap Ade, Jumat (20/10/2023). 

Tak lama setelah diumumkan sebagai pasangan capres dan cawapres, Ganjar-Mahfud bertolak ke Gedung Arsip Nasional RI di kawasan Jakarta Pusat, pada Rabu (18/10/2023).

Di gedung itu, Ganjar-Mahfud menghadiri deklarasi dukungan dari sejumlah kelompok pemuda.

Baca Juga :  Pecat ASN yang Terlibat Politik 2024

Dalam acara yang diinisiasi Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPNGP) itu, Ganjar berucap ingin melamar seluruh pemuda Indonesia bergabung bersama Ganjar-Mahfud demi mewujudkan Indonesia Emas pada 2045.

Ade menilai lamaran Ganjar itu merupakan sinyal dari pasangan Ganjar-Mahfud untuk menginisiasi kontrak politik dengan pemilih muda dan pemula. Baik Ganjar maupun Mahfud, kata Ade, sadar kaum muda merupakan ceruk pemilih terbesar yang perlu digandeng di pilpres 2024.

“Karena pada rentang usia antara 17 – 40 tahun, pemilih muda ini ada sekitar lebih 52% dari pemilih. Ini menunjukan keseriusan mereka untuk menggarap segmentasi dari pemuda sebagai basis potensial yang memiliki kontribusi besar dari perolehan suara mereka,” ujar Ade.

Lebih jauh, Ade mengatakan Ganjar dan Mahfud perlu segera tampil di hadapan pemilih muda dan menyampaikan gagasannya di bidang ekonomi, kesehatan mental dan birokrasi. Tak kalah penting, Ganjar-Mahfud juga perlu merancang program yang orientasinya membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya bagi kaum muda.

Baca Juga :  Dennis Adhiswara Bagikan Tips Rumah Tangga Harmonis di Tengah Banyak Pasangan Selingkuh

“Sehingga perlu kerja-kerja politik yang intens untuk meyakinkan pemilih dari kalangan kaum muda. Ini soal mampu atau tidak membangun pesan. Biasanya pemilih muda ini sangat visioner dan cenderung melihat hal-hal yang bersifat rasional dan proven,” tutur Ade.

Pasangan Ganjar-Mahfud dideklarasikan di kantor DPP PDI Perjuangan di kawasan  Menteng Jakarta Pusat, Selasa (18/10/2023). Pasangan itu didukung PDIP, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura dan Partai Perindo. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment