Pemkab Kayong Utara Raih Predikat Baik dari Inspektorat Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya menghadiri kegiatan Pemeriksaan Akhir Masa Jabatan Kepala Daerah Kabupaten Kayong Utara Periode 2018 – 2023 oleh Tim Pemeriksa Inspektorat Provinsi Kalimantan Barat, di Aula Adhyasta Utama Inspektorat Kalbar, Kota Pontianak, Jumat (29/09/2023).

Kepala Inspektorat Kalbar, Marlyna menjelaskan, tujuan pelaksanaan pemeriksaan yang dilakukan untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan tertentu dan meningkatkan transparansi serta mengukur kinerja.

Selain itu, Marlyna juga memaparkan realisasi capaian indikator kinerja pemerintah daerah yang dinilai memperoleh predikat baik dari berbagai aspek yang tercantum dalam RPJMD Kabupaten Kayong Utara.

“Berdasarkan pemeriksaan evidence serta analisis data Pemerintah Kabupaten Kayong dari aspek kesejahteraan masyarakat dengan bobot 35 persen rata-rata capaian kinerja 84,67 Persen dengan skor 29,64 persen,” katanya.

Baca Juga :  Ikut Rapat di Istana Negara, Pj Bupati Romi Wijaya Komit Jalankan Amanat Presiden

Kemudian pada aspek daya saing daerah dengan bobot 30 persen, rata-rata capaian kinerja 92,90 persen dengan skor 27,87 persen. Sementara pada aspek pelayanan umum dengan bobot 35 persen rata-rata capaian kinerja 79,87 persen dengan skor 27,85 persen.

“Maka untuk evaluasi akhir masa jabatan Kepala Daerah Kabupaten Kayong Utara periode tahun 2018 – 2023 dengan nilai 85,46 persen dengan predikat baik,” tambah Marlyna.

Sementara itu, Pj Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalbar yang telah melakukan pemeriksaan terhadap capaian indikator kinerja pemerintah Kabupaten Kayong Utara periode 2018 – 2023.

Baca Juga :  Romi Wijaya Harap Para Pelajar Lestarikan Seni Budaya Asli Daerah

Selain itu, Pj Bupati Romi juga mengungkapkan, dengan keterbatasan yang ada, pemerintah Kabupaten Kayong Utara mampu memperoleh capaian kinerja dengan predikat baik.

“Pertama-tama kami memberikan ucapan terima kasih atas atensi dan keseriusan dari Pemprov Kalbar melalui Inspektorat yang telah melakukan pemeriksaan capaian kinerja ini,” ucap Romi.

“Dengan keterbatasan yang ada kita mampu mendapatkan nilai seperti ini, lebih lanjut tentunya pemeriksaan ini menjadi bahan masukan bagi kami minimal mampu bersaing dan berjuang kedepannya,” tambah Romi. (Santo)

Cek Berita dan Artikel lainna di Google News

Comment