Harga Ayam di Pemotongan Ayam Rezeky Stabil

KalbarOnline, Kubu Raya – Harga ayam potong di Pemotongan Ayam Rezeky Pal 13, Desa Sungai Kakap, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat masih stabil.

Hal ini disampaikan oleh salah seorang karyawan di lokasi pemotongan ayam, Iwan (38 tahun). Dirinya mengatakan harga ayam saat ini masih stabil.

“Kalau kemarin-kemarin setelah robo-robo harga ayam naik di harga Rp 32.000, kalau untuk sekarang harga ayam sudah turun, dari Rp 32.000 per kilo jadi Rp 30.000, yang mana di harga Rp 30.000 bisa dibilang stabil,” katanya, Sabtu (30/09/2023).

Baca Juga :  Bupati Muda: Perluas Ruang Ibadah Lewat Peringatan Maulid

Ia juga mengatakan, bahwa harga ayam potong tidak tentu, setiap minggunya terkadang mengalami kenaikan, dan bisa juga penurunan.

“Harga ayam potong untuk bulan-bulan ini kita para pedagang juga tak bisa tentukan, karena setiap minggunya kadang naik kadang turun,” katanya.

Iwan juga menerangkan, faktor penyebab kenaikan dan penurunan harga ayam potong.

“Salah satu penyebab harga ayam naik ini karena pakannya yang naik, untuk sekarang harga pakan udah sampai Rp 550.000 sekarung, kalau dulu masih Rp 500.000-an,” katanya.

“Untuk faktor penurunan, kalau harga ayam tinggi daya beli orang kan kurang sementara itu ayam jadi besar, orang kan tak mau ngambil ayam yang besar-besar,” tambah Iwan.

Baca Juga :  Kubu Raya-Pontianak Jalin Kerjasama Pelayanan Publik

Sementara itu, Hafsah (64 tahun), salah seorang konsumen ayam potong membenarkan hal tersebut.

“Kalau untuk sekarang di harga Rp 30.000 per kilo, menurut saya masih tinggi, tapi masih boleh dibeli, kalau sudah sampai Rp 32.000 itu mungkin kemahalan, karena kita biasa beli untuk konsumsi di harga Rp 28.000 – Rp 29.000,” ujarnya.

Penulis: Reza Aurli Firmansyah/Mahasiswa PPL IAIN Pontianak 2023.

Cek Berita dan Artikel lainna di Google News

Comment