Mengenal Sosok Kombes Sri Riswati, Polwan Inspiratif dengan Segudang Prestasi

KalbarOnline, Kubu Raya – Polda Kalbar memiliki polwan-polwan yang tangguh dengan prestasi yang luar biasa. Era digitalisasi teknologi 5.0 saat ini tidak membuat moral polwan mengalami degradasi dan mengarah kepada hal-hal negatif tetapi sebaliknya semakin adaptif, modern dan semakin peka terhadap perkembangan yang ada seiring tuntutan tugas dan perkembangan zaman yang juga harus seimbang.

Prestasi-prestasi yang terus diukir dalam misi mengharumkan nama baik Korp Esthi Bhakti Warapsari ini selain dalam bidang olahraga, penugasan di luar negeri, pengungkapan tindak pidana, tetapi juga dalam penilaian kinerja yang mendapat apresiasi yang luar biasa dari pimpinan tertinggi polri.

Adalah Sri Riswati, salah satu polwan Polda Kalbar yang akrab disapa Riris ini berhasil menerima penghargaan (reward) dari pimpinan atas prestasi dan kinerja yang baik berupa kenaikan pangkat menjadi Komisaris Besar Polisi pada tanggal 1 Juli 2023 lalu.

Sebagai polwan yang memikul melati tiga di pundak yang sebelumnya juga pernah diraih oleh seniornya yang juga dari pendidikan bintara yaitu Kombes Pol Zaryita, tidaklah membuat Riris tinggi hati, karena baginya bahwa apa yang sudah diraihnya merupakan kepercayaan pimpinan atas pengabdiannya selama ini.

Baca Juga :  Bawa 8 Kilo Sabu, Pasutri Asal Jagoi Ditangkap Tim Gabungan Polda Kalbar dan Bea Cukai Kalbagbar

Riris yang merupakan anak dari pasangan almarhum Sri Lulus dan Purwanti ini mengikuti pendidikan Bintara polwan pada tahun 1984/1985 angkatan ke VIII, Secapa Polri tahun 1995/1996 angkatan 23, Selapa tahun 2004 angkatan 32, Diklatpim 2 tahun 2017 LAN RI.

Merupakan ibu dari 2 orang anak yang masih mengenyam pendidikan dan juga merupakan istri dari seorang dosen Politeknik Negeri Pontianak, Robby Mauludy Arif, tidak melupakan kodratnya sebagai seorang perempuan agar ada keseimbangan antara karier dan keluarga.

Riris juga pernah menjabat sebagai Kapolsek Bandara tahun 2007 dan wakapolres singkawang pada tahun 2011.

Prinsip kerja ulet, tekun, disiplin dan berpikir positif telah mengantarkan Riris meraih pangkat terakhir Komisaris Besar Polisi dengan jabatan sebagai Kabag Inforolog Biro Logistik Polda Kalbar yang tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan meraihnya.

Baca Juga :  Kasus Meninggal Akibat Rabies Bertambah, Sutarmidji: Tidak Boleh Ada Binatang Berkeliaran di Keramaian

Tanggal 1 September 2023 yang bertepatan dengan hari jadi 75 Polwan RI, Riris memasuki masa purna pada kepolisian. Hal tersebut tidak menyurutkan niatnya untuk terus berkarya dan mengabdi kepada negeri dengan aktif pada organisasi kepramukaan andalan bela negara dan kwarda gerakan pramuka Kalbar.

Diakhir tugasnya, Riris berharap kepada seluruh polwan Polda Kalbar “jadilah polisi wanita yang profesional dan amanah karena tugas kedepan semakin berat dan transparan pada era digitalisasi”.

Semoga jejak Riris dapat menjadi teladan bagi polwan Polda Kalbar lainnya untuk terus mengukir prestasi dan meningkatkan kemampuan, berkompetisi sejajar dengan polisi laki-laki demi kemajuan organisasi dan peningkatan kepercayaan publik (public trust). (Jau)

Sumber: Humas Polda Kalbar.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment