Pj Gubernur Kalbar Lepas Ratusan Peserta Mudik Gratis Khatulistiwa ke Kampung Halaman

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson bersama Kapolda dan Forkopimda Kalbar melepas keberangkatan 900 pemudik yang akan merayakan lebaran Idul Fitri ke kampung halaman, di Lapangan Jananuraga Polda Kalbar, Jumat (05/04/2024).

Ratusan pemudik ini merupakan warga Kalbar yang masuk dalam program Mudik Gratis Khatulistiwa 2024. Keberangkatan mereka difasilitasi dengan menggunakan 49 bus dengan berbagai rute perjalanan.

Harisson menyampaikan, bahwa program ini diselenggarakan dalam rangka membantu masyarakat yang hendak lebaran dan pulang kampung. Program ini menyiapkan sebanyak 1.700 kursi dengan 12 trayek lintasan Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Mudik Gratis Khatulistiwa 2024 tersebut juga turut didukung oleh BPTD Kelas II Kalbar, PT Jasa Raharja, PT Jasa Raharja Putera, PT Damri Cabang Pontianak, PT Angkasa Pura Cabang Supadio Pontianak, Bank Kalbar dan ASDP Pontianak.

Baca Juga :  Harisson: Data Sampah Hanya Akan Melahirkan Kebijakan Sampah

Harisson menerangkan, kalau program yang telah berjalan untuk tahun keduanya itu lahir sebagaimana amanat keputusan Gubernur Kalbar Nomor 182/DISHUB/2024 tentang Angkutan Mudik Gratis Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024. Dengan tujuan memberikan bantuan kepada warga yang ingin merayakan lebaran bersama keluarga di kampung halaman.

“Program mudik gratis ini merupakan kebijakan dari Pemprov Kalbar untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan. Selain itu, program tersebut juga mendukung dalam menekan inflasi. Dengan bantuan biaya yang gratis, alokasi dana yang tadinya untuk membeli tiket bus, dapat digunakan untuk kebutuhan yang lain,” katanya.

Pj Gubernur Kalbar, Harisson bersama Kapolda Kalbar melepas keberangkatan ratusan pemudik yang akan merayakan lebaran Idul Fitri ke kampung halaman, Jumat (05/04/2024). (Foto: Jauhari)

Secara teknis, program Mudik Gratis Khatulistiwa 2024, melibatkan sebanyak 49 unit kendaraan umum, yang terdiri dari 42 unit bus disiapkan dari APBD Kalbar, dan tujuh unit bus dari Polda Kalbar.

“Semuanya diberangkatkan dari Kota Pontianak ke 12 trayek AKDP atau kabupaten/kota tujuan masyarakat. Lebih tepatnya akan kami turunkan ke Polres masing-masing, dan ini akan dikawal oleh mobil patwal satlantas,” ujarnya.

Baca Juga :  Terus Berupaya Tanggulangi Karhutla, Kapolda: Selebihnya Kita Kembalikan Kepada Tuhan

Lebih lanjut Harisson mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Kalbar dan Panglima Kodam XII Tanjungpura dan semua pihak terkait yang secara bersama telah mensukseskan program mudik gratis ini.

“Mudah-mudahan semuanya bisa nyaman dan bahagia di tahun yang penuh dengan tantangan dari berbagai segala hal termasuk permasalahan inflasi dan sebagainya,” ujarnya.

Sebagai informasi, bahwa program mudik gratis ini merupakan bagian dari upaya lebih luas pemprov dalam mendukung kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakatnya. Dengan adanya program ini, diharapkan akan tercipta suasana lebaran yang lebih meriah dan menyenangkan bagi semua warga Kalbar. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment