Kabut Asap Landa Ketapang, RSUD Agoesdjam Bersiap Hadapi Lonjakan Kasus ISPA

KalbarOnline, Ketapang – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Agoesdjam Ketapang memastikan sarana dan prasarana medis untuk menghadapi lonjakan penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA akibat bencana kabut asap karhutla telah dipersiapkan.

Direktur RSUD dr. Agoesdjam Ketapang, Feria Kowira mengatakan, kalau hingga saat ini untuk pasien ISPA belum signifikan, meski kabut asap sudah menyelimuti pusat kota Kabupaten Ketapang beberapa hari terakhir.

Baca Juga :  Dukung Masyarakat Rempang, Forum Persatuan Ulama, Tokoh dan Advokat Ketapang Gelar Aksi Damai 

Kendati demikian, RSUD Ketapang sudah bersiap dalam menghadapi lonjakan kasus ISPA, mengingat kualitas udara sudah dalam kategori tidak sehat.

“Peningkatan kasus ISPA belum signifikan ya, tapi kita sudah siap-siap, seperti obat-obatan dan tempat tidur pasien, termasuk tenaga medisnya,” ujar Feria, Selasa (05/09/2023).

Melihat kondisi kabut asap yang cukup pekat, Feria meminta kepada warga terutama anak-anak untuk menghindari aktifitas di luar ruangan, jika tidak ada hal yang mendesak. Jika pun harus keluar, wajib menggunakan masker.

Baca Juga :  Babinsa Koramil 1203-13/MHS Dampingi Vaksinasi Covid-19 di Wilayah Binaan

“Konsumsi makanan bergizi, minum vitamin atau suplemen makanan, itu penting dengan kondisi lingkungan seperti ini, minum air putih, yang penting jaga kesehatan,” pesannya. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment