Hadiri Resepsi Kenegaraan, Sutarmidji Ajak Masyarakat Berdoa Indonesia Terus Maju dan Kondusif di Tahun Politik

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menghadiri acara Resepsi Kenegaraan Peringatan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun 2023, di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Kamis (17/08/2023) malam.

Hadir mendampingi gubermur, Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan bersama Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, Harisson. Selain itu, tampak hadir pula pejabat Forkopimda Provinsi Kalbar, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar, Lismaryani Sutarmidji, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kalbar, Windy Prihastari Harisson dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Acara tersebut diisi oleh orkestra Paduan Suara dari Gita Bahana Khatulistiwa (GBK) dan Tarian dari binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar.

Mengawali sambutannya, Gubernur Sutarmidji mengucapkan selamat HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. Dirinya mengajak semua untuk selalu berdoa agar Indonesia tetap terus maju dan kondusif, teritama pada tahun politik seperti ini.

“Pada tahun sekarang dan tahun depan, negara kita akan dipenuhi hiruk pikuk perpolitikan nasional, karena pemilihan anggota legislatif dan presiden tanggal 14 Februari 2024 dan hasilnya di bulan April 2024,” ujar Sutarmidji.

“Kemudian di bulan Juni sudah proses pilkada, pemilihannya di bulan November dan pelantikannya di tahun 2025, jadi akan panjang urusannya,” kata dia.

Pria kelahiran Pontianak itu juga menyinggung banyaknya capaian-capaian positif yang telah diraih. Ucapan terima kasih juga ia sampaikan kepada jajaran Forkopimda Provinsi Kalbar yang selama ini telah bersinergi dengan baik.

Baca Juga :  Polres Ketapang Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2017

“Kemarin pidato Presiden RI berbicara tentang Inflasi, berbicara tentang gini rasio, tentang nilai tukar petani, nilai tukar nelayan, nilai tukar sektor perkebunan, Saya ingin menyampaikan kalau gini rasio secara nasional 0,381, Kalbar hanya 0,311. Jadi Gini Rasio Kalbar itu sangat bagus,” uangkapnya.

Kemudian soal pertumbuhan ekonomi, Kalbar berada 5,07, kemiskinan di angka 6,71, tingkat pengangguran terbuka 5,11, dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 68,63.

“Rapi laju pertumbuhannya tertinggi keempat walaupun masih sangat rendah, Pendapatan per kapita tahun 2022 46,16 juta, ada peningkatan dari tahun 2021, 42,28 Juta dan saya yakin di tahun 2023 bisa mencapai di atas 46 juta perkapita”, terang Sutarmidji.

Selain itu, capaian lainnya juga menyamgkut keberhasilan dalam membangun desa mandiri. Di mana persentase desa mandiri di Kalbar yang paling tinggi mencapai 42 %, walaupun jumlah desa di Pulau Jawa memiliki jumlah yang banyak hika dibandingkan Kalbar yang  hanya memiliki 2.045 Desa.

Ia menerangkan, kendati periode jabatan dirinya selaku gubernur selama 5 tahun, namun waktu efektif dalam bekerja hanyalah 3,5 tahun.

“1,5 tahun sisanya harus berjibaku dengan pandemi Covid-19, yang menyedot perhatian, tenaga dan anggaran yang mencapai Rp 900 miliar, setara dengan membangun jalan sepanjang 100 Km,” katanya.

Baca Juga :  Pj Gubernur Harisson Lantik Yohanes Ontot Sebagai Bupati Sanggau

Sebelumnya, Sekda Kalbar, Harisson dalam laporannya menjelaskan, bahwa tema peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023 adalah “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Dalam menyemarakkan peringatan tersebut, Pemerintah Provinsi Kalbar telah mengagendakan beberapa kegiatan, mulai dari acara pokok, kegiatan sosial, perlombaan, olahraga serta Hiburan.

Dirinya selaku ketua panitia juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gubernur Kalbar serta Wakil Gubernur Kalbar, yang telah memberikan kepercayaan untuk menyelenggarakan rangkaian kegiatan dalam menyambut kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.

“Tanggung jawab ini telah kami laksanakan dan masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu mohon maaf yang sebesar-besarnya dalam pelaksanaan kegiatan ini, dan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia HUT ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 atas partisipasi dan kerjasamanya,” katanya.

Sekda Kalbar juga menambahkan, bahwa Pemerintah Provinsi Kalbar akan meresmikan beberapa fasilitas di Rumah Sakit Soedarso, yaitu gedung baru radioterapi, pembangunan gedung hemodialisa, pembangunan gedung radiologi, pembangunan gedung pusat isolasi jantung serta pembangunan gedung rumah sakit infeksius.

“Dan akan dibangunnya poliklinik terpadu tiga lantai yaitu untuk pengobatan gigi, mata dan cek up,” pungkasnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment