ABK KM Usaha Jaya IV Tenggelam Saat Mengecek Propeller

KalbarOnline, Sambas – Seorang anak buah kapal (ABK) pada Kapal Motor (KM) Usaha Jaya IV, Ismunudin (42 tahun) mengalami nasib tragis, pada Kamis (17/08/2023). Ia ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi meninggal dunia  setelah sebelumnya dinyatakan hilang saat sedang mengecek propeller kapal tersebut.

Kepala Basarnas Pontianak, I Made Junetra mengatakan, kejadian itu bermula saat KM Usaha Jaya IV bersandar di Dermaga UJPS Penjajab, sekitar Jam  17.15 WIB. Ismunudin lalu melakukan pengecekan propeller kapal tanpa menggunakan peralatan selam.

Baca Juga :  Hujan, Secangkir Kopi Hitam dan Semangat Tim Penyelam

“Sekitar 20 menit pada  jam 17.35 WIB, korban tidak kunjung naik ke permukaan, sehingga membuat kecurigaan ABK yang lain untuk melakukan pencarian dan pertolongan, namun korban tidak ketemu,” kata Junetra.

Dari situ lah kemudian, korban dinyatakan hilang dan mulai dilakukan pencarian dengan melibatkan tim SAR gabungan.

“Lantas melakukan pencarian di lokasi korban menyelam dengan melakukan pencarian visual di sekitar lokasi korban menyelam,” katanya.

Baca Juga :  Tim SAR Gabungan Temukan Anak Tenggelam di Sungai Jawi

Setelah dilakukan pencarian beberapa saat, korban yang merupakan warga Dusun Rambayan, Desa Parit Raja, Kecamatan Sejangkung itu pun akhirnya ditemukan pada pukul 22.40 WIB.

“Saat ditemukan korban sudah meninggal, jasadnya terapung di sekitar lokasinya menyelam (26 meter). Korban kemudian dievaluasi dan diserahkan kepada pihak keluarga,” tutup Junetra. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment