Tim SAR Berhasil Evakuasi 5 Penumpang Speedboat yang Terobang-ambing di Laut Kayong

KalbarOnline, Kayong Utara – Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi 5 orang penumpang dari sebuah perahu motor cepat (speedboat) yang sedang terombang-ambing di lautan wilayah Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalbar, pada Rabu (03/04/2024).

Kepala Kantor SAR Pontianak, I Made Junetra menerangkan, speedboat tersebut awalnya berangkat dari Teluk Batang Kabupaten Kayong Utara hendak menuju Pelabuhan Teluk Melano Kabupaten Kayong Utara.

Namun tanpa dinyana, speedboat yang mereka gunakan itu mendadak mengalami kerusakan mesin yang mengakibatkan perahu cepat mati dan seluruh penumpang pun terombang-ambing di lautan.

“Di sekitar muara Teluk Batang speedboat mengalami mati mesin yang mengakibatkan speedboat dan awak didalamnya terombang-ambing. Peristiwa itu berlangsung begitu cepat. Mendapat laporan, tersebut tim SAR gabungan segera melakukan bantuan evakuasi,” kata Junetra.

Baca Juga :  Dukung Tugas Pokok Satkowil Babinsa Podorukun Anjangsana ke Kantor Desa

Dirinya menyampaikan, bahwa proses evakuasi yang dilakukan tim gabungan berlangsung lancar.

“Proses evakuasi oleh tim SAR gabungan berlangsung lancar, selain kondisi cuaca yang bersahabat ketika itu, faktor respon time juga menjadi penentu,” tuturnya.

Adapun tim yang tergabung dalam aksi evakuasi jiwa tersebut diantaranya berasal dari Unit Siaga Kayong Utara, unsur gabungan Potensi SAR Kayong Utara, Dinas Perhubungan Kayong Utara, Polair Kayong Utara, Polsek Teluk Batang dan Koramil Teluk Batang.

Baca Juga :  Terseret Ombak, Dua Bocah di Kecamatan Kendawangan Ketapang Tenggelam

“Waktu kejadian dan laporan yang diterima tim SAR gabungan tidak berselang lama yang (sehingga) memudahkan tim SAR gabungan untuk langsung melakukan evakuasi ketika mendapatkan laporan,” ucapnya.

Junetra menegaskan, kalau seluruh penumpang itu berhasil diselamatkan, di mana empat penumpang dibawa lanjut ke tujuan menuju Pelabuhan Teluk Melano, dan satu lainnya kembali ke Pelabuhan Teluk Batang.

“Empat penumpang yang telah dievakuasi kemudian kami bawa menuju Pelabuhan Teluk Melano, sedangkan speedboat (yang mogok) dan satu orang kru kembali ke Pelabuhan Teluk Batang,” tutup Junetra. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment