Gubernur Kalbar Letakkan Batu Pertama Pembangunan Tugu Juang di Tumbang Titi Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji didampingi Bupati Ketapang, Martin Rantan melakukan prosesi peletakan batu pertama pembangunan Tugu Juang di Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang, pada Rabu, (26/07/2023).

Bupati dalam sambutannya mengatakan, bahwa pembangunan Tugu Juang ini untuk mengingat kembali perjuangan pahlawan di Perang Kedang pada tahun 1814.

“Dimana saat itu masyarakat Tumbang Titi melakukan penolakan terhadap pajak Belanda,” ujarnya.

Selain itu, Bupati juga mengusul 3 nama pejuang di Perang Kedang untuk menjadi pahlawan daerah “Pemerintah Kabupaten Ketapang memandang Perang Kedang ini penting, karena ini merupakan sebuah perjuangan masyarakat melawan Belanda,” tuturnya.

Bupati juga menjelaskan, dalam pembangunan Tugu Juang ini, tidak menggunakan APBD akan tetapi menggunakan dana CSR.

Baca Juga :  Komunitas Pajero Indonesia One Ketapang Touring Perdana ke Kayong Utara

“Mudah-mudahan dengan berdirinya tugu juang ini kita bisa membawa 3 pejuang ini diusulkan menjadi pahlawan daerah sehingga membuat kita kuat untuk menjadikan Tumbang Titi ini sebagai kabupaten baru,” harap Bupati.

Sementara itu, Gubernur Sutarmidji dalam sambutannya sangat mendukung terbangunnya monumen Tugu Juang di Kecamatan Tumbang Titi.

“Saya ucapkan selamat kepada Bapak Bupati dan jajaran yang telah menginisiasi melalui CSR pembangunan monumen Tugu Juang ini. Kita harus menggali (sejarah) agar anak cucu kita tahu bahwa kita juga punya pejuang,” ucapnya.

Terkait dengan pengajuan pahlawan, gubernur juga sependapat dan berharap ada kajian yang mendasar terkait gelar pahlawan.

“Terkait pengusulan gelar pahlawan, karena mengajukan seorang pejuang hanya boleh 3 kali, jadi harus dikaji betul-betul,” saran Gubernur.

Baca Juga :  Sutarmidji Letakkan Batu Pertama SMAN 2 Sandai, Pembangunan Tahap Pertama Rp 1,6 M

Beliau juga menyarankan di samping lokasi Tugu Juang, agar dibuat galeri hasil karya kerajinan dari Ketapang. Selain itu, gubernur juga yakin keinginan Bupati Ketapang untuk kabupaten daerah otonomi baru bisa terwujud.

“Wilayah kita ini sangat luas, hanya satu provinsi luasnya sepertiga Pulau Jawa, sedangkan di Jawa ada 6 provinsi, kemudian lebih 2500 kabupaten/kota. Oleh karena itu, idealnya Kalbar ini ada 3 provinsi, kemudian ada kurang lebih 50 kabupaten/kota. Minimal tahap satu ini harus ada 25 kabupaten/kota, baru kita bisa cepat maju,” tutup Sutarmidji. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment