Sekda Ketapang Tutup Gawai Polas Laman Kampung Buah ke-1 Sungai Laur

KalbarOnline, Ketapang – Sekda Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo menghadiri penutupan Gawai Polas Laman Kampung Buah ke-1 di Kecamatan Sungai Laur, pada Jumat (30/06/2023).

Sekda dalam kesempatan tersebut mengucapkan syukur atas suksesnya pelaksanaan gawai di Sungai Laur karena dihadiri ribuan orang dan berlangsung dengan sangat baik.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Selain itu, sekda juga memberikan apresiasi yang tinggi terhadap masyarakat Sungai Laur yang melaksanakan gawai adat tingkat kecamatan pertama kalinya, walaupun belum didukung oleh dana pemerintah.

“Pada hakikatnya, leluhur-leluhur kita, orang-orang tua kita jaman dulu, juga telah melaksanakan semua tradisi adat budaya secara gotong-royong,” ujarnya.

Lebih lanjut Alexander berharap, setelah ditetapkan sebagai agenda tahunan dan didukung melalui APBD, agar semangat gotong-royong tersebut jangan sampai dihilangkan, melainkan harus tetap dilaksanakan dan dilanjutkan.

“Saya berpesan agar semua yang hadir dalam kegiatan ini dapat menjaga ketertiban, kenyamanan, supaya citra yang sudah baik menjadi kesuksesan acara gawai ini tidak tercoreng,” tegas Alexander.

Baca Juga :  Sekda Farhan Ajak Masyarakat Ketapang Gemar Makan Ikan

“Tunjukan bahwa orang Laur orang-orang hebat, bisa tertib, bisa patuh dengan himbauan dari panitia dan pemerintah,” lanjutnya¬†

Alexander juga mengaku senang karena di Kecamatan Laur masih menjalankan semua tradisi adat budaya ritual adat Polas Laman yang diwariskan para leluhur.

“Tradisi adat budaya ini tetap harus kita laksanakan, di mana adat jalan jamban titi karosiq mula tumbuh tanah mula menjadi ini kita rawat, kita jaga, kita lestarikan, kita pertahankan sampai kapan pun, karena ini adalah jati diri kita dan merupakan harga diri kita, kalau ditinggalkan artinya hilang jati diri juga,” ujarnya.

Selanjutnya Alexander menginformasikan, untuk tahun depan, melalui Dinas Pariwisata dan Budaya menargetkan pada Gawai Polas Laman Sungai Laur yang kedua tahun 2024, rumah adat Kecamatan Sungai Laur sudah diresmikan.

Baca Juga :  Pemda Ketapang Gelar FGD Program Desa Mapan Bersama Perusahaan Perkebunan

Kegiatan ini dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Ketapang, Ketua DAD Kabupaten Ketapang, Camat Sungai Laur, camat dari beberapa daerah sekitar, Kapolsek Sungai Laur, Danramil Sungai Laur, Ketua DAD Kecamatan Sungai Laur beserta jajaran, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, para kepala desa se-Kecamatan Sungai Laur, ketua panitia gawai serta seluruh jajaran, domong mantir, serta masyarakat Kecamatan Sungai Laur dan sekitarnya. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment