Sekda Kalbar Optimis Akan Lompatan Pembangunan di Bumi Bertuah Kayong Utara

KalbarOnline, Sukadana – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Harisson menghadiri upacara peringatan HUT ke-16 Pemerintah Kabupaten Kayong Utara di halaman Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara, Senin (26/06/2023).

Upacara yang berlangsung khidmat tersebut dipimpin langsung Bupati Kayong Utara, Citra Duani dan diikuti oleh ratusan peserta dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kayong Utara serta instansi vertikal terkait lainnya.

Sekda Harisson mengatakan, bahwa momentum ini sebagai refleksi dan introspeksi atas pencapaian pembangunan yang telah diraih selama ini.

“Hari ini kita memperingati hari jadi ke-16 Kabupaten Kayong Utara, jadi ini merupakan introspeksi bagi Kabupaten Kayong Utara juga Pemerintah Provinsi Kalbar atas capaian-capaian yang telah diraih,” katanya.

Harisson turut mengucapkan terima kasih kepada bupati beserta jajaran yang telah berusaha keras memajukan Kayong Utara.

“Ke depan saya harapkan, kita semua bahu-membahu untuk bagaimana kita bisa membuat lompatan besar dalam mensejahterakan masyarakat Kabuaten Kayong utara dan membuat Kabuaten Kayong Utara lebih maju dari sekarang,” ungkap Harisson.

Ia juga mengingatkan, untuk juga fokus dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di Kayong Utara.

“PR bagi kita semua, termasuk Pemprov Kalbar juga bersama dengan Pemkab Kayong Utara untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), termasuk daya saingnya. Saya kira ini sudah banyak dilaksanakan oleh Pak Bupati beserta jajaran dan mudah mudahannya kita lebih baik kedepannya,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Harisson juga menjelaskan terkait pembangunan infrastruktur, khususnya jalan di wilayah Kabupaten Kayong Utara.

“Untuk jalan provinsi, sesuai arahan Pak Gubernur akan segera kita tuntaskan. Rencananya nanti di (APBD) perubahan, akan kita tuntaskan. Semoga semua bisa berjalan sesuai rencana,” tutup Harisson.

Di tempat yang sama, Bupati Citra Duani yang membacakan Pidato Gubernur Kalimantan Barat mengajak seluruh unsur dan masyarakat yang hadir, menjadikan tema yang diangkat tersebut sebagai spirit bagi semua yang selaras dengan visi pemerintah Kabupaten Kayong utara tahun 2019 – 2023.

Baca Juga :  Bupati dan Ketua Forakin Kapuas Hulu Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan Sebagai Upaya Turunkan Stunting

“Tema yang diambil pada peringatan hari jadi ini sejalan sebagaimana visi misi Kabupaten Kayong yang kita cintai ini yaitu ‘Paten, Beriman, Berbudaya, Sejahtera dan Aman’. Saya harap ini tak hanya menjadi sekedar tema yang nanti akan segera dilupakan manakala euforia hari ulang tahun ini berlalu,” ujarnya.

Kemudian, melalui Bupati Citra, Gubernur Kalbar menekankan 2 poin penting, yakni terkait dengan kesejahteraan dan kemajuan. Kedua hal tersebut erat hubungannya juga dengan aspek daya saing daerah, sehingga untuk memastikan peningkatan daya saing daerah maka memerlukan arah kebijakan yang ditandai dengan penetapan pelayanan publik yang cepat, akurat, transparan dan akuntabel.

“Produk yang dihasilkan terkoneksi secara langsung dengan sumber daya yang ada, serta masing masing komponen menjadi sub bagian yang saling menguntungkan. Intinya, bahwa antara pemerintah daerah, para pelaku usaha dan masyarakat, saling terkait, saling tergantung satu sama yang lainnya,” katanya.

Gubernur menilai, daya saing daerah merupakan sesuatu hal yang sangat penting di masa kini, untuk mendorong suatu daerah berproduktivitas kemandirian, meningkatkan meningkatkan kapasitas masing-masing menuju pertumbuhan ekonomi daerah serta meningkatkan kepercayaan dan menciptakan efisiensi.

“Tapi ingat, daya saing suatu daerah sangat dipengaruhi oleh iklim kondusif, keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif,” tuturnya.

Berbagai capaian dan hasil dari pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Kayong Utara yang telah menginjak ke-16 tahun, dinilai terus mengalami perkembangan kemajuan yang dilihat dalam dan beberapa indikator makro, seperti angka pertumbuhan ekonomi yang meningkat 5,03 kemiskinan yang menurun 9,04 %, angka % dan pengangguran menurun menjadi 3,10 % IPM serta yang kembali mengalami peningkatan berikut juga 63,81 point. Lalu pencapaian desa mandiri sebanyak 18 desa serta berhasil mengentaskan desa tertinggal dan sangat tertinggal menjadi 0 desa.

“Banyak capaian yang telah diraih tersebut tentunya tidak bisa lepas dari peran seluruh stakeholder dan elemen yang ada, baik itu pemerintah daerah, masyarakat, maupun pihak swasta yang telah bersama-sama dan bahu-membahu dalam membangun kabupaten kayong utara,” ungkap Bupati Citra.

Baca Juga :  Kalbar Kembali Catatkan Tambahan Kasus Konfirmasi Terbanyak dalam Sehari

Keberhasilan tersebut ditopang juga oleh posisi strategis dan keberadaan  Kabupaten Kayong Utara yang berada dalam wilayah pengembangan Kluster V (Ketapang-Kayong Utara) dengan berbagai sektor unggulan seperti jasa dan perdagangan, perikanan, pertanian, perkebunan, pertambangan, industri serta modal sosial yang pengaruhnya sangat dominan pada pembangunan daerah.

Oleh karenanya, sudah semestinya keunggulan-keunggulan tersebut dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan profesional dan sinergi dengan berbagai pihak serta terus memaksimalkan kontribusi dan peran semua stakeholder.

“Saya optimis akselerasi laju pembangunan untuk semua sektor dapat terus ditingkatkan. Selain keberhasilan tersebut, kiranya perlu untuk terus bahu-membahu mengupayakan penurunan prevalensi stunting tahun 2022 sebesar 25,10 serta meningkatkan capaian monitoring Center For Prevention (MCP) tahun 2022 dari Komisi Pemberantasan Korupsi yang menempatkan kabupaten kayong utara pada urutan 320 dengan nilai 80,21,” paparnya.

Sebelum mengakhiri pidatonya, Bupati Citra berpesan kepada seluruh penyelenggara pemerintahan untuk bekerja lebih keras dan diimplementasikan melalui kesungguhan dan kolaborasi inovasi, dalam sinergitas serta pembangunan dengan berbagai pihak.

“Kita berharap segala upaya yang telah dan akan kita laksanakan, membawa Kabupaten Kayong Utara semakin maju di masa yang akan datang. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala selalu menyertai, merahmati, memudahkan setiap iringan langkah kita,” tutupnya.

Di akhir rangkaian apel tersebut, Sekda Kalbar bersama Bupati Kayong Utara menyerahkan piagam penghargaan kepada pemenang yang berhasil menjuarai lomba dalam rangkaian HUT ke-16 Pemerintah Kabupaten Kayong Utara. Setelah itu, keduanya mengunjungi stand-stand dan pusat tambol (kuliner lokal) yang disajikan oleh seluruh OPD di kabupaten tersebut.

Turut hadir pada acara apel tersebut, Ketua dan Anggota DPRD Kayong Utara, unsur Forkopimda Kayong Utara, Pj sekretaris daerah, staf ahli, kepala perangkat daerah, camat, kades se-Kabupaten Kayong Utara, kepala instansi vertikal terkait, pimpinan organisasi masyarakat dan kepemudaan serta tokoh pemekaran Kabupaten Kayong Utara. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment