Sebagai Fakta Sejarah, Bupati Fransiskus Pastikan Tugu Burung Garuda Akan Dibangun Kembali di Waterfront Siluk Putussibau 

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan memastikan akan membangun kembali Tugu Burung Garuda di lokasi Waterfront Siluk Putussibau.

Hal itu disampaikan Bupati Fransiskus saat menanggapi usulan dari tokoh masyarakat terkait pembangunan Tugu Burung Garuda yang dulu pernah ada, dalam prosesi peresmian peletakan batu pertama pembangunan Waterfront Siluk Putussibau, Rabu (05/04/2023).

“Akan kita bangun kembali,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa Bang Sis itu menilai, bahwa pembangunan Tugu Burung Garuda tersebut sangat penting bagi Kabupaten Kapuas Hulu, lantaran sejarahnya yang tak ternilai harganya.

“Tugu Pancasila itu bukti maupun fakta sejarah, di mana di lokasi tersebut pertama kalinya bendera merah putih dikibarkan,” ungkapnya.

“Sehingga dengan dibangunnya kembali Tugu Pancasila itu sebagai momen mengenang sejarah, perjuangan dalam merebut kemerdekaan dari penjajah  Belanda dan Jepang pada tempo dulu,” terang Bupati Sis lagi.

Baca Juga :  Bupati Fransiskus Diaan Lepas Keberangkatan Calon Jemaah Haji Kabupaten Kapuas Hulu 2022
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan memberikan kata sambutan dalam acara prosesi peresmian peletakan batu pertama pembangunan Waterfront Siluk Putussibau, Rabu (05/04/2023). (Foto: Ishaq)
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan memberikan kata sambutan dalam acara prosesi peresmian peletakan batu pertama pembangunan Waterfront Siluk Putussibau, Rabu (05/04/2023). (Foto: Ishaq)

Sebelumnya, tampak hadir dalam prosesi peresmian peletakan batu pertama pembangunan Waterfront Siluk Putussibau, Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, Wakil Bupati Wahyudi Hidayat dan Wakil Ketua DPRD Kapuas Hulu, Razali.

Selain itu, hadir pula Sekda Kapuas Hulu, Mohd Zaini, Anggota DPRD Kapuas Hulu, Forkopimda Kapuas Hulu, Kepala Balai Sungai Danau Wilayah Kalimantan, Kepala Balai Jalan Jembatan Wilayah Kalimantan, kepala OPD, lurah, Ketua RT setempat, tokoh masyarakat, kontraktor pelaksana dan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sis mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dan masyarakat, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Menteri PUPR yang sudah menyetujui pembangunan waterfront ini.

Baca Juga :  Wakil Bupati Wahyudi Hidayat Tutup Turnamen Kapuas Hulu Hebat

“Dari segi desain, Waterfront Siluk ini ada unsur kearifan lokal. Kami berharap semua pihak dapat mendukung terlaksananya pembangunan waterfront ini. Panjang dari Waterfront Siluk ini 300 meter dengan biaya dari APBN berjumlah 27 miliar lebih,” jelasnya.

Kepada Ketua Komisi V DPR RI, Fransiskus juga menyampaikan ucapan terima kasih atas perjuangannya, sehingga proyek pembangunan tersebut dapat terealisasi hari ini.

“(Proyek) pemerintah pusat banyak masuk ke Kabupaten Kapuas Hulu. Kita juga sudah mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa akan dibangun Waterfront Siluk, sehingga hasil sosialisasi pun sudah disepakati. Lanting yang ada sudah dipindahkan,” katanya. (Ishaq)

Comment