Dekranasda Pontianak Pamerkan 255 Produk UMKM di INACRAFT 2023

KalbarOnline, Jakarta – Ketua Dekranasda Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie menghadiri pembukaan INACRAFT ke-23 tahun 2023 di Jakarta Convention Center, Rabu (01/03/2023). Pameran produk kerajinan tersebut dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno.

Yanieta mengatakan, gelaran INACRAFT 2023 sangat luar biasa karena diikuti oleh seluruh peserta yang berasal dari seluruh Indonesia. Sebanyak 1.222 both atau stand dari seluruh Indonesia mewarnai INACRAFT, termasuk di antaranya Dekranasda Kota Pontianak.

“Produk yang tampilkan tahun ini sangat bervariatif, antusias pengunjung yang hadir pada pembukaan pameran juga sangat tinggi, pengunjung tidak hanya berasal dari lokal tetapi juga berasal dari luar negeri seperti Arab Saudi, Mongolia, Malaysia dan lainnya,” ujarnya ditemui usai diresmikannya INACRAFT.

Ketua Dekranasda Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie meperlihakan salah satu produk yang dipamerkan di INACRAFT 2023. (Foto: Prokopim for KalbarOnline.com)
Ketua Dekranasda Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie meperlihakan salah satu produk yang dipamerkan di INACRAFT 2023. (Foto: Prokopim for KalbarOnline.com)

Menurutnya, gelaran INACRAFT ini sebagai sarana pemerintah daerah untuk mempromosikan produk kriya yang terbaik dari daerahnya masing-masing. Dia berharap dengan hadirnya Kota Pontianak pada INACRAFT tahun ini menjadi penyemangat bagi pengrajin, agar produk kriya yang ditampilkan bisa bersaing di level internasional.

Baca Juga :  Dukung Geliat Industri dan Bisnis, PLN Siap Tingkatkan Pasokan dan Keandalan Listrik di Batam

Agar dapat bersaing Pemkot Pontianak melalui Dekranasda Kota Pontianak selalu memberikan dukungan kepada pengrajin dengan menggelar pelatihan dan workshop dengan menghadirkan narasumber yang telah memiliki pengalaman dan jejaring luas di bidang kriya.

“Pengrajin di Kota Pontianak harus terus menambah wawasan dan memperbaiki kualitas produk agar bisa bersaing dengan daerah lain. Intinya, jangan cepat puas dengan hasil yang sekarang seperti yang kita lihat tahun ini sangat luar biasa sekali hasil kerajinan dari pelaku kriya di Indonesia” kata Yanieta.

Pada gelaran INACRAFT tahun 2023 ini, Dekranasda Kota Pontianak menampilkan 255 aneka ragam produk. Produk-produk itu di antaranya berupa kain tenun corak insang, kain batik tulis, aneka aksesoris gelang dan kalung batu alam dan kayu gaharu, aneka tas dari tenun corak insang dan songket, aneka tas dan dompet dari kulit kayu kapuak, aneka tas dan dompet rajutan dan sulaman, aneka anyaman akar keladi air, kerajinan miniatur tugu khatulistiwa, aneka busana tenun, dress, outer dan jaket tenun.

Baca Juga :  Puji Sutarmidji Jadikan Mangrove Daya Tarik Wisata Kalbar, Sandiaga Uno: Kami Akan All Out Bantu
Ketua Dekranasda Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie dan rombongan berfoto bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno di sela-sela pembukaan pameran INACRAFT di JCC. (Foto: Prokopim for KalbarOnline.com)
Ketua Dekranasda Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie dan rombongan berfoto bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno di sela-sela pembukaan pameran INACRAFT di JCC. (Foto: Prokopim for KalbarOnline.com)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menuturkan, INACRAFT sebagai salah satu gelaran kerajinan terbesar di Asia Tenggara diharapkan mampu membangkitkan semangat dan perekonomian para pelaku UMKM yang ada di Indonesia.

“Sehingga dengan banyaknya UMKM berkumpul di sini maka akan mampu menyedot banyak pengunjung yang membeli produk-produk yang dipamerkan di INACRAFT,” sebutnya.

Pameran INACRAFT tahun 2023 ini akan berlangsung selama lima hari mulai tanggal 1 hingga 5 Maret 2023, Tahun ini Provinsi Sulawesi Selatan terpilih menjadi ikon dengan mengusung tema “Form Smart Village to Global Market”. (Jau)

Comment