Sektor Pertanian dan Perkebunan Kapuas Hulu Sangat Berkontribusi Bagi Pembangunan Daerah

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menyampaikan, bahwa banyak sektor yang ikut berkontribusi dalam pembangunan daerah, salah satunya adalah sektor pertanian dan perkebunan.

Hal itu ia nyatakan di sela-sela melakukan kunjungan kerja sekaligus peninjauan perkebunan kopi di Desa Bugang, Kecamatan Hulu Gurung, Minggu (26/02/2023).

“Perkebunan di Kabupaten Kapuas Hulu telah menyokong PDRB 22,90 persen yang berada di peringkat kedua setelah jasa konstruksi. Dalam menyokong PDRB tersebut berbagai jenis lahan pertanian dan perkebunan yang terdiri dari perkebunan besar, perkebunan mandiri dan juga terdapat lahan lahan sawah maupun ladang,” jelasnya.

Para hadirin mengikuti kegiatan kunjungan kerja sekaligus peninjauan perkebunan kopi oleh Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, di Desa Bugan, Kecamatan Hulu Gurung, Minggu (26/02/2023). (Foto: Ishaq)
Para hadirin mengikuti kegiatan kunjungan kerja sekaligus peninjauan perkebunan kopi oleh Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, di Desa Bugang, Kecamatan Hulu Gurung, Minggu (26/02/2023). (Foto: Ishaq)

Berdasarkan data yang dimiliki Pemkab Kapuas Hulu, Fransiskus memyebutkan, kalau perkebunan besar yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu juga telah mendominasi sebesar 277.121,86 hektare atau 37,25 persen dari Areal Penggunaan Lain (APL) yang ada.

Baca Juga :  Bupati Kapuas Hulu Lantik Anggota BPD di 6 Desa Kecamatan Hulu Gurung

“Sehingga diharapkan perkebunan besar tersebut juga dapat mendukung pembangunan Kabupaten Kapuas Hulu dari segi ekonomi, sosial dan lingkungan. Salah satu perkebunan yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu adalah PT Hakikat Arwana Sukses (HAS) yang berada di Desa Bugang ini,” ungkapnya.

Berdasarkan data, bahwa PT HAS ini telah diberikan Izin Usaha Perkebunan (IUP) sejak tahun 2021 dengan bergerak di perkebunan tanaman kopi dan menjadi satu-satunya perkebunan kopi yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu.

Baca Juga :  Berkah Ramadhan, Anggota Koramil 1206-13/Bunut Hulu bersama Persit KCK Bagikan Takjil ke Warga Pengguna Jalan
Perkebunan kopi di Desa Bugan, Kecamatan Hulu Gurung. (Foto: Ishaq)
Perkebunan kopi di Desa Bugang, Kecamatan Hulu Gurung. (Foto: Ishaq)

“Berdasarkan data yang diperoleh, bahwa PT HAS ini sedang dalam persiapan penanaman yang diharapkan sudah akan terlaksana dalam waktu dekat,” ujarnya.

Berkenaan dengan proses pembangunan kopi ini, dirinya sangat berharap dalam pelaksanaannya tetap memperhatikan kepentingan lokal, seperti pemanfaatan tenaga kerja setempat dan perlindungan hak-hak masyarakat.

“Dan (sebaliknya) diharapkan juga dukungan dari masyarakat, agar dapat beriringan dalam pengelolaannya, di mana masyarakat harus memiliki pandangan yang baik, di mana pembangunan perkebunan kopi ini merupakan investasi yang besar demi kepentingan kesejahteraan masyarakat,” terangnya. (Ishaq)

Comment