Suib: Pelabuhan Internasional Pakai Barang Bekas, Apa Kata Dunia?

Pakai Barang Bekas, Apa Kata Dunia?

Suib yang juga selaku Bendum Partai Hanura Provinsi Kalbar itu turut menyesalkan penggunaan barang bekas–seperti crane–sebagaimana kritik Sutarmidji sebelumnya. Menurutnya hal itu dapat mengganggu citra pelabuhan internasional di Kalbar di mata dunia internasional.

“Belum lagi soal informasi crane bekas. Fasilitas penunjang di pelabuhan internasional itukan ada kriterianya, tidak sembarangan. Harus berkualitas semuanya. Masa pelabuhan internasional, pakai barang bekas? Tidak boleh itu. Pasti melanggar aturan dan akan diprotes banyak pihak,” jelasnya.

Suib sangat berharap, apa yang menjadi kritiknya–yang notabene juga mewakili banyak pihak di Kalbar–ini benar-benar menjadi atensi oleh Pelindo serta dewan pengawas yang berkaitan dengan pengawasan pelabuhan untuk menginventarisir fasilitas-fasilitas penunjang yang jadi kewajiban untuk dipenuhi dan diawasi.

Baca Juga :  Driver Ojol Tewas Mengenaskan, Penumpang Dicurigai Pelaku

“Supaya diawasi, tidak boleh itu misalnya crane dari pelabuhan lain dibawa ke pelabuhan lainnya. Ini pasti ada aturannya, terutama terkait keselamatan,” kata dia.

“Apalagi ini statusnya pelabuhan internasional, tentu kapasitas bongkar muatnya pasti beda dengan pelabuhan nasional. Peralatannya pasti beda. Harus terjamin kualitasnya. Speknya harus sesuai aturan,” tekannya.

Baca Juga :  Suib Ucapkan Belasungkawa Atas Wafatnya Ibunda Gubernur Kalbar

Suib pun meminta kepada dewan pengawas atau siapa pun pihak yang berwenang untuk menyisir aturan-aturan terkait keberadaan atau kelengkapan operasional acuan sesuai standar yang diwajibkan secara internasional. Jika ditemukan adanya “keganjilan”, maka ia meminta agar segera diambil tindakan tegas.

“Kalau ditemukan tidak sesuai, saya harap ini ditindak tegas. Saya harap pihak berwajib dan masyarakat turut mengawasi bersama, jangan sampai ada persoalan di kemudian hari,” tuntas kandidat kuat Bupati Kubu Raya pada pilkada mendatang tersebut. (Jau)

Comment