Penumpang KM Sabuk Nusantara 30 Terjatuh di Selat Karimata

KalbarOnline, Kayong Utara – Matak, pria berusia 63 tahun, warga Dusun Baru, Kecamatan Belitung Timur, terjatuh dari KM Sabuk Nusantara 30 di perairan Karimata. Korban berhasil ditemukan dengan selamat oleh tim SAR gabungan.

“Korban telah dievakuasi menggunakan rigid inflatable boat Pos SAR Ketapang,” ungkap Kepala Basarnas Pontianak, I Made Junetra, Selasa (21/02/2023).

I made Junetra mengatakan bahwa korban ditemukan berada di Pulau Pandan yang berjarak 6.68 Nautical Mile dari Pulau Pelapis. Saat ditemukan, korban dalam kondisi sehat namun badannya lemas.

Baca Juga :  Bupati Citra Duani Terima UHC Award 2023 dari Wapres Ma’ruf Amin

“Setelah kita evakuasi dari Pulau Pandan, korban kami bawa menuju Tanjung Ru untuk pemeriksaan medis, setelah dinyatakan sehat, kami serahkan kepada pihak keluarga di Pulau Serutu,” terangnya.

Sebelumnya diketahui, seorang penumpang KM Sabuk Nusantara 30 rute Teluk Batang – Kepulauan Karimata terjatuh saat kapal melintasi Pulau Pelapis. Pencarian telah dilakukan tim SAR gabungan hingga hari ke dua sebelum akhirnya korban ditemukan selamat terdampar di Pulau Pandan Kepulauan Karimata.

Baca Juga :  Hilang Saat Bermain di Danau, Bocah 14 Tahun Ditemukan Tewas Tenggelam

Adapun unsur yang terlibat dalam pencarian korban, antara lain terdiri dari Tim rescue Pos SAR Ketapang, Tim Rescue Unit Siaga SAR KKU, Pos Mat TNI AL Karimata, Polres KKU, KSOP Teluk Batang, KSOP Kelumpang Karimata. Pecaruan juga melibatkan keluarga korban dan nelayan setempat. (Jau)

Comment