Pileg 2024, Suib Optimis Banyak Rakyat yang Berlabuh ke Partai Hanura

KalbarOnline, Pontianak – Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Hanura Provinsi Kalbar, Suib mengaku optimis bahwa pihaknya dapat memenangkan pemilihan legislatif (pileg) di 2024 mendatang.

Menurutnya, faktor Oesman Sapta Odang (OSO) selaku Ketum Hanura serta kerja-kerja partai selama ini membuat masyarakat sulit untuk berpindah ke lain hati.

“Lantaran satu-satunya tokoh nasional yang berasal dari Provinsi Kalbar dan menjadi satu-satunya ketum partai politik yakni Bapak Oesman Sapta Odang. Saya kira kehadiran beliau dan partai yang dikomandoi beliau ini nanti akan dipilih dan banyak dilabuhi masyarakat Kalbar,” kata Suib.

Hal itu disampaikan Suib di sela-sela mendampingi Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura Provinsi Kalbar, Amiruddin M Yamin, menyerahkan daftar bacaleg DPRD tingkat provinsi untuk pileg 2024 ke Kantor KPU Kalbar, Rabu (10/05/2023).

“Semoga ke depan Partai Hanura menjadi salah satu pemenang pemilu terutama di Provinsi Kalbar,” ucapnya.

Suib turut menjelaskan, kalau pada pileg 2019 yang lalu, perolehan kursi yang berhasil diraih Partai Hanura pada tingkat kabupaten/kota dan provinsi se-Kalbar sebanyak 47.

“Berdasarkan kalkulasi dan rapat koordinasi pada pemilu 2024 nanti, kita petakan potensi kursi yang akan kita rebut dan ditargetkan (menjadi) 72 kursi. Sehingga otomatis meningkat sebanyak 95 persen, saya yakin itu bisa dicapai,” kata Suib optimis.

Baca Juga :  Maman Abdurrahman Pimpin Perolehan Suara DPR RI Dapil Kalbar 1

Begitupun pada level provinsi, jika pada pileg 2019 lalu, Partai Hanura hanya mampu mengantongi 2 kursi dari 8 dapil yang ada, maka pada 2024 mendatang pihaknya menargetkan perolehan maksimal sebanyak 9 kursi dan minimal 7 kursi.

“Kita berani menargetkan perolehan kursi itu sesuai pemetaan serta tokoh potensial yang kita tempatkan, mulai dari mantan bupati, mantan wakil wali kota hingga kalangan milenial serta berbagai macam etnis,” tuturnya.

Tambah lagi, dengan kehadiran OSO yang mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI dapil satu, yang menurut dia, akan memberikan dampak besar bagi perolehan suara caleg di provinsi dan kabupaten kota.

“Karena sosok beliau (OSO) akan menjadi perhatian khusus, hari ini beliau mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI, ini menjadi angin segar dan magnet,” terangnya.

Lebih lanjut Suib menjelaskan, bahwa di dalam daftar calon anggota legislatif dari Partai Hanura, sebagian besarnya merupakan pendatang baru. Pihaknya berprinsip kalau zaman sekarang sudah berbeda dengan sebelumnya, sehingga partai politik pun harus mengikuti perkembangan zaman.

“Terutama kita banyak mengakomodir kalangan milenial yang memiliki potensi. Untuk keterwakilan perempuan pada dapil 7 dari total 11 kursi keterwakilan perempuan ada 5. Begitu juga pada dapil 2, ada 40 persen paling kecil sesuai dengan PKPU namun hanya beberapa dapil,” paparnya.

Baca Juga :  Terlibat Perkelahian di Pasar Mawar Pontianak, Satu Orang Meninggal Dunia

“Kita menghargai dan menghormati termasuk merealisasikan keterwakilan perempuan minimal 30 persen, kami di Partai Hanura bahkan diakomodir 45 hingga 50 persen,” sambung Suib.

Berkenaan dengan momentum, sebelumnya Suib menyampaikan, bahwa alasan pihaknya memilih tanggal 10 sebagai tanggal pendaftaran bacaleg ke KPU, lantaran hal itu disesuaikan dengan nomor urut partai yakni nomor 10.

“Pemilihan tanggal 10 sengaja dipilih sejalan dengan nomor urut Partai Hanura yakni 10. Angka 10 juga keramat yang bisa dijadikan sebuah cita-cita, karena hari pahlawan juga tanggal 10. Semoga ini bisa menjadi inspirasi Partai Hanura yang dipimpin langsung Oesman Sapta Odang,” ujarnya.

Terkait dengan kelengkapan berkas sendiri, Suib menilai sudah tidak ada masalah, bahkan kuota 65 kursi bacaleg yang disediakan sudah terpenuhi semuanya.

“Bacaleg kita dari 65 kursi sudah terpenuhi semua dan diterima oleh KPU serta dinyatakan memenuhi persyaratan pendaftaran,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kalbar, Erwin Irawan menyatakan, bahwa semua berkas pendaftaran bacaleg dari Partai Hanura sudah diterima pihaknya.

“Dan apabila nantinya ada perbaikan, akan kami sampaikan,” kata Erwin.

“Setelah verifikasi administrasi selesai, dilanjutkan penyerahan perbaikan persyaratan calon pada 26 Juni 2023 sampai 9 Juli 2023,” tambahnya. (Jau)

Comment