Staf Ahli Bupati Ketapang Buka Rapat Penyusunan Aksi Daerah Kepemudaan

KalbarOnline, Ketapang – Staf Ahli Bupati Ketapang Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Maryadi Asmuie membuka Rapat Penyusunan Aksi Daerah (RAD) Kepemudaan, di Ballroom Hotel Nevada, Rabu (07/12/2022).

Maryadi dalam kesempatan itu menyampaikan, bahwa pemuda merupakan salah satu sumber daya dalam pembangunan bangsa.

“Pemuda memiliki peran dan fungsi strategis sebagai pendorong kekuatan moral, kontrol sosial dan agen perubahan,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, berdasarkan UU Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan Pasal 9 menyebutkan, bahwa pemerintah daerah dan masyarakat berkewajiban bersinergi dalam melaksanakan pelayanan kepemudaan.

Baca Juga :  SDN 04 Benua Kayong Ketapang Raih Penghargaan Ajang Syair Internasional Tahun 2023

“Atas dasar tersebut, maka pemuda perlu mendapatkan pembinaan, diarahkan dan dikembangkan sehingga menjadi pemuda yang unggul, kreatif, dan inovatif serta memiliki jiwa entrepreneurship,” terangnya.

Selanjutnya, Maryadi juga menjelaskan bahwa penyusunan RAD merupakan langkah awal kolaborasi dan sinergi antar OPD sebagai bentuk koordinasi strategis lintas sektoral, menyamakan persepsi dan untuk mencari masukan kebijakan di antara pemangku kepentingan dalam mendukung penyelenggaraan pelayanan kepemudaan.

Baca Juga :  Pemkab Ketapang Terima Penghargaan dari BPS

“Saya berharap melalui RAD ini menghasilkan berbagai solusi dan komitmen dari seluruh pengurus OKP, dinas serta badan instansi terkait untuk lebih menghidupkan dan menggairahkan kegiatan OKP,” katanya.

“Serta selalu bersinergi, sehingga pembinaan kepemudaan di Kabupaten Ketapang memiliki arah dan indikator yang jelas,” pungkasnya. (Adi LC)

Comment