HUT Dharma Wanita ke-23: Membangun Perempuan Cerdas untuk Memperkuat Ketahanan Keluarga di Era Digital

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini menghadiri HUT Dharma Wanita ke-23 tahun 2022 dengan tema “Membangun Perempuan Cerdas untuk Memperkuat Ketahanan Keluarga di Era Digital”, yang dilaksanakan di Rumah Melayu Kabupaten Kapuas Hulu, Jalan Budaya Putussibau Selatan, Kamis (08/12/2022).

Dalam kesempatan itu, Sekda Kapuas Hulu didampingi oleh Via Octaria Wahyudi Hidayat, selaku Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Kapuas Hulu, Organisasi Perangkat (OPD) Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Ketua DWP Kabupaten Kapuas Hulu, Ketua Organisasi Wanita Kabupaten Kapuas Hulu.

Sekda Zaini dalam sambutannya menyampaikan, organisasi DWP merupakan organisasi kemasyarakatan yang menghimpun dan membina istri Aparatur Sipil Negara (ASN), yang bertujuan untuk memperkuat peran serta perempuan dalam pembangunan bangsa.

“DWP sebagai salah satu organisasi masyarakat perempuan terbesar di Indonesia memiliki standing position, memiliki posisi yang kuat dan mempunyai peran strategis dalam pembangunan nasional,” ucapnya.

Penyerahan hadiah kepada pemenang lomba rangkaian HUT Dharma Wanita ke-23 tahun 2022. (Foto: Ishaq)
Penyerahan hadiah kepada pemenang lomba rangkaian HUT Dharma Wanita ke-23 tahun 2022. (Foto: Ishaq)

Lebih lanjut disampaikannya, di era digital ini, masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan informasi apapun di seluruh dunia dengan hitungan detik. Hal ini membawa dampak positif dan negatif.

Dampak positif di era digital ini antara lain, mudahnya mendapat pengetahuan dan keterampilan diberbagai bidang kehidupan, membuka ruang yang sangat luas untuk melakukan pengembangan usaha, mudah berkomunikasi dimanapun berada, dapat mengenal budaya dan banyak hiburan.

Sementara dampak negatifnya, antara lain ikatan emosional antar keluarga dan masyarakat dapat memudar karena kurang  berkomunikasi hanya dengan media digital, serta kurangnya kepedulian sosial.

“Sebagai masyarakat dan warga negara, perempuan juga diharapkan dapat berkontribusi dan bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini berfoto bersama dalam acara HUT Dharma Wanita ke-23 tahun 2022. (Foto: Ishaq)
Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini berfoto bersama dalam acara HUT Dharma Wanita ke-23 tahun 2022. (Foto: Ishaq)

Sehingga, kata Zaini lagi, dapat lah dinyatakan bahwa di tangan perempuan, wajah generasi penerus bangsa terbentuk dan kondisi ketahanan keluarga terwujud.

BACA JUGA:  Pemkab Kapuas Hulu Raih WTP 5 Kali Berturut-turut

“Perempuan harus cerdas dalam menyikapi perkembangan di era digital dan memanfaatkannya untuk ketahanan keluarga. Melalui media sosial di era digital diharapkan ibu-ibu dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan pengetahuan,” katanya.

Zaini juga mencontohkan, melalui keberadaan Google, para ibu dapat melihat cara memasak makanan yang enak, dan dapat memasarkannya untuk dijual secara online.

“Ibu-ibu dapat memasarkan produk dengan menggunakan jaringan digital melalui media online menggunakan HP Android. Dengan mempromosikan barang jualan melalui Facebook, dengan bentuk pemesanan barang sehingga pemasaran dapat berlangsung dengan cepat,” paparnya.

“Memanfaatkan teknologi digital pada masa kini merupakan peluang yang hebat untuk meningkatkan ekonomi keluarga,” tutupnya. (Ishaq)

Comment