by

Cara Memilih Laptop Bisnis Seperti Acer TravelMate

KalbarOnline.Com, Teknologi – Selalu ada laptop tertentu untuk segala macam kebutuhan. Bagi para gamer, Acer Predator dapat memberikan kepuasan maksimal yang dibutuhkan saat bermain game. Namun berbeda dengan para pebisnis yang aktivitasnya mengharuskan mereka untuk mobile. Oleh karena itu, laptop seperti Acer Travelmate merupakan perangkat yang tepat bagi para pebisnis.

Sebelum menentukan pilihan laptop yang akan dibeli untuk keperluan bisnis, penting juga bagi Anda untuk mengetahui beberapa tips Memilih Laptop Bisnis Seperti Acer TravelMate dasar berikut ini. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan laptop bisnis yang benar-benar sesuai dengan aktivitas, kebutuhan, dan tentunya budget Anda.

Cara Memilih Laptop Bisnis Seperti Acer TravelMate

Perhatikan Prosesor Sebagai Tenaga Utama

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum membeli laptop bisnis adalah memperhatikan spesifikasi dasarnya yaitu prosesor, RAM, dan hard disk. Sebagian besar laptop bisnis menggunakan chip Intel Core i3, i5, atau i7. Laptop bisnis yang “entry level” biasanya memakai prosesor Intel Core i3. Prosesor ukuran ini cukup baik untuk menjalankan email, internet, dan berbagai aplikasi kerja seperti Microsoft Word.

Jika Anda termasuk orang yang suka menjalankan berbagai aplikasi sekaligus, maka laptop bisnis dengan prosesor Intel Core i5 adalah pilihan yang lebih tepat. Contohnya adalah Acer TravelMate P645 yang menggunakan prosesor Intel Core i5-4200U 1.6 GHz Dual Core. Prosesor tersebut merupakan jenis prosesor Ultra Low Voltage (ULV) yang hemat listrik.

Namun, jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk melakukan banyak aktivitas yang berkaitan dengan multimedia, perangkat lunak CAD/CAM, konten HD, dan panggilan video, Anda harus mengumpulkan anggaran untuk membeli laptop bisnis yang dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7.

BACA JUGA:  Acer Book RS, Laptop Canggih Kolaborasi Acer dan Porsche Design

Kapasitas Memori Dan Penyimpanan

Selain prosesor, faktor lain yang tidak boleh Anda abaikan saat membeli laptop bisnis adalah memori (RAM) dan kapasitas penyimpanan (hard disk drive – HDD). Beberapa produsen menambahkan solid-state drive (SSD) ke produk laptop bisnis mereka, tetapi ada juga yang hanya menggunakan SSD tanpa HDD.

Namun, jika dibandingkan, SSD memang cenderung lebih baru daripada HDD. Namun, popularitas SSD mulai menanjak karena kinerjanya yang lebih cepat daripada HDD. Dengan kata lain, SSD juga dapat membuat laptop bisnis Anda bekerja lebih cepat. Berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui apakah laptop bisnis pilihan Anda memiliki memori dan kapasitas penyimpanan yang cukup:

RAM – Hindari laptop bisnis yang hanya mempunyai RAM 2GB. Sebaiknya segera pilih laptop bisnis yang memiliki minimal RAM terpasang 4GB, seperti yang bisa Anda temukan di laptop seri Acer TravelMate. Bahkan ada beberapa laptop bisnis yang sudah memiliki RAM 16GB, namun sepertinya spesifikasi tersebut tidak terlalu dibutuhkan oleh sebagian besar pebisnis.

HDD & SDD – Kapasitas HDD atau SDD 256GB sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda sebagai pebisnis, kecuali jika Anda banyak melakukan editing video yang mungkin membutuhkan kapasitas lebih karena laptop akan mengeluarkan performa yang lebih berat.

Daya Tahan Baterai Yang Besar

Idealnya, seorang pebisnis akan sering berpindah-pindah tempat. Hari ini, Anda mungkin berada di kantor sepanjang hari. Namun, besok Anda bisa saja berpindah dari satu kafe ke kafe lain untuk bertemu banyak orang. Anda tentu membutuhkan laptop bisnis yang memiliki daya tahan baterai yang besar sehingga tidak perlu bingung mencari colokan untuk charging setiap kali harus berpindah tempat.

BACA JUGA:  Acer Book RS, Laptop Canggih Kolaborasi Acer dan Porsche Design

Cobalah untuk membeli laptop bisnis yang memiliki daya tahan baterai minimal delapan jam setelah terisi penuh. Tidak hanya mampu mengoptimalkan produktivitas, laptop bisnis dengan daya tahan baterai yang besar juga dapat berfungsi sebagai power bank untuk gadget Anda yang lain.

Kemampuan Networking

Apa gunanya memiliki laptop dengan spesifikasi super canggih jika tidak bisa terkoneksi dengan koneksi internet dengan cepat? Mengingat konektivitas merupakan kunci utama mobilitas, para pebisnis seperti Anda perlu memastikan bahwa laptop bisnis yang digunakan mampu memenuhi kebutuhan tersebut.

Pertimbangkan Pula Kualitas Monitor

Dibandingkan dengan prosesor, memori, dan penyimpanan, fitur monitor pada laptop bisnis sering diremehkan oleh calon pembeli. Padahal monitor juga bisa mempengaruhi produktivitas kerja kamu lho, spacer. Teknologi monitor pada perangkat laptop atau desktop diprediksi akan didominasi oleh sebuah tampilan 4K, begitu juga dengan laptop bisnis. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih laptop bisnis yang dilengkapi dengan monitor beresolusi 4K.

Namun, jika mungkin saat ini Anda tidak membutuhkannya, belum tentu demikian di masa depan, bukan? Meskipun laptop bisnis Anda mungkin tidak memiliki monitor 4K, Anda masih memiliki peluang untuk menggunakan monitor eksternal. Artinya, Anda disarankan untuk memilih laptop bisnis yang memiliki koneksi HDMI 2.0 atau konektor DisplayPort.

Laptop bisnis dengan monitor 4K mampu memberikan resolusi empat kali lebih jernih daripada Full HD. Bisakah Anda bayangkan seberapa tajam tampilannya? Hal ini tentunya cocok untuk Anda yang sering dituntut untuk multitasking beberapa dokumen sekaligus.

Demikian ulasan tentang Cara Memilih Laptop Bisnis Seperti Acer TravelMate semoga bermanfaat. (DW)

Comment