by

Yanieta Kamtono Ajak Kaum Perempuan Mandiri dan Tangguh

Peringatan Hari Kartini di Lingkungan Pemkot Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Peringatan Hari Kartini di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak diperingati secara sederhana di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Pontianak, Kamis, 21 April 2022.

Dalam kesempatan itu, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Pontianak Yanieta Arbiastutie Kamtono mengajak kaum perempuan untuk mandiri dan tangguh sebagaimana sosok Kartini yang memperjuangkan emansipasi wanita di Indonesia.

“Wanita tangguh itu menurut saya adalah wanita yang mandiri dan tahu akan hak serta kewajiban sebagai perempuan,” ujar Yanieta.

Menurut Yanieta, wanita tangguh harus bisa menempatkan waktu agar ada keseimbangan, baik bagi diri sendiri, keluarga serta masyarakat.

Kemudian juga bisa mengambil langkah yang tepat untuk setiap permasalahan yang terjadi. Untuk itu, lanjutnya, peringatan Hari Kartini tahun depan rencananya akan digelar pemilihan wanita tangguh tingkat kelurahan dan kecamatan.

“Tentunya dalam pemilihan wanita tangguh kami tetap berkoordinasi bersama lurah dan camat,” tutur Yanieta.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengharapkan kaum perempuan di Kota Pontianak bisa memberikan warna baru dan menjadi wanita tangguh.

Kaum perempuan juga diharapkan bisa menjalankan perannya dalam berkontribusi untuk kemajuan Kota Pontianak.

“Apalagi kita ketahui pengalaman pandemi cukup banyak kaum perempuan di Kota Pontianak yang berperan dalam pengendalian pandemi Covid-19,” ucap Edi Kamtono.

Edi mengapresiasi kaum perempuan yang selama ini telah berperan mewarnai pembangunan di Kota Pontianak.

Terlebih dari sisi jumlah penduduk antara kaum perempuan dengan laki-laki hampir berimbang. Demikian pula komposisi kaum perempuan di Kota Pontianak juga mengisi berbagai bidang profesi dan pekerjaan.

Bahkan pejabat-pejabat di tataran Pemkot Pontianak sebanyak sembilan kepala dinas atau eselon dua diisi kaum perempuan. Termasuk beberapa pejabat di tingkat eselon tiga dan empat.

BACA JUGA:  Bantah Kehadiran Karolin – Gidot di Keraton Alwatzikhoebillah Sambas Sebagai Bentuk Dukungan, Kerabat Istana: Tamu Datang Silaturahmi Wajib Kita Terima

“Saya berharap ada Kartini-Kartini baru yang lahir di Kota Pontianak serta bisa berperan dalam proses pembangunan,” kata Edi.

Dalam kesempatan itu, juga diserahkan hadiah kepada para pemenang lomba.

Pemenang Pelaksana Terbaik Posyandu diraih Posyandu Al Faizin Kelurahan Bansir Laut Kecamatan Pontianak Tenggara sebagai Terbaik Pertama, Posyandu Pelangi Kelurahan Sungai Jawi Luar Kecamatan Pontianak Barat sebagai Terbaik Kedua dan Terbaik Ketiga diraih Posyandu Mawar Padem Kelurahan Parit Tokaya Kecamatan Pontianak Selatan.

Kemudian, Pemenang Pelaksana Terbaik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Terbaik Pertama diraih Kelurahan Bangka Belitung Darat Kecamatan Pontianak Tenggara, Terbaik Kedua Kelurahan Akcaya Kecamatan Pontianak Selatan dan Terbaik Ketiga Kelurahan Sungai Jawi Dalam Kecamatan Pontianak Barat.

Pemenang Pelaksana Terbaik Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) adalah Kelurahan Siantan Hulu Kecamatan Pontianak Utara sebagai Terbaik Pertama, Kelurahan Bangka Belitung Laut Kecamatan Pontianak Tenggara Terbaik Kedua dan Terbaik Ketiga disandang Kelurahan Tengah Kecamatan Pontianak Kota.

Selanjutnya, Pemenang Pelaksana Terbaik Posko Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan diraih Kelurahan Bansir Darat Kecamatan Pontianak Tenggara sebagai Terbaik Pertama, Kelurahan Mariana Kecamatan Pontianak Kota Terbaik Kedua dan Kelurahan Siantan Tengah Kecamatan Pontianak Utara sebagai Terbaik Ketiga. (J)

Comment