MTQ Tingkat Provinsi Kalbar 2024, Gusti Yusri: Pusatkan di Keraton Tayan

KalbarOnline, Sanggau – Kabupaten Sanggau akan menjadi tuan rumah Mushabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) 2024.

“Kami berharap MTQ Tingkat Provinsi Kalbar 2024 dipusatkan di lingkungan Keraton Tayan,”kata Raja Tayan ke -14 Gusti Yusri, Jumat (18/3/2022).

Harapan tersebut disampaikan Gusti Yusri saat Silaturahim Musyafahah Jami’yyatul Islamiyah Kalbar untuk menyambut bulan suci Ramadahn 1443 Hijriyah, di Keraton Tayan.

Gusti Yusri mengungkapkan, lingkungan Keraton Tayan sudah ditata. Sehingga sangat layak untuk dijadikan pusat pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Kalbar 2024.

Kelayakan Keraton Tayan sebagai pusat pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Kalbar 2024, menurut Gusti Yusri, juga bisa dilihat dari sejarah panjangnya.

Sebagai wilayah administratif pemerintah, dulu Tayan mencakup 5 kecamatan, yakni Tayan Hilir, Tayan Hulu, Balai, Meliau dan Toba. Ini merupakan wilayah Kerajaan Paku Negara.

Selanjutnya Tayan juga pernah menjadi daerah Swapraja dan Kewedanan

“Jadi wilayah ini memang sudah pernah otonom, baik sebagai suatu state maupun administratif pemerintahan,” jelas Gusti Yusri.

Wilayah ini pula, tambah Gusti Yusri, yang sekarang sedang berproses menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Tayan.(*)

BACA JUGA:  47 Peserta UKW PWI Kalbar Angkatan IV dan V Dinyatakan Kompeten

Comment