Lima Mahasiswa Prodi KPI IAIN Pontianak PPL di KalbarOnline.com

KalbarOnline, Pontianak – Lima mahasiswa jurusan Program Studi (Prodi) Komunikasi Penyiaran dan Islam (KPI) pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak melaksanakan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di media massa online KalbarOnline.com.

Secara seremonial, penyerahan kelima mahasiswa yang terdiri dari Dinda Rahmi Dwi Putri, Muhammad Fakhri Humami, Firmansyah Purnama Aji, Reza Aurli Firmansyah dan Fakhri Ahmad tersebut dilaksanakan pada Senin (18/09/2023), di kediaman Pemred KalbarOnline.com, Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Kota Pontianak.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Wakil Dosen Pembimbing Lapangan yang juga Kaprodi KPI Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Pontianak, Muhammad Habibi menyampaikan, bahwa PPL termasuk syarat penting bagi mahasiswa semester 7 untuk menuju sidang akhir perkuliahan atau skripsi.

Dirinya mengatakan, dengan adanya penyerahan PPL secara simbolis ini, maka kelima mahasiswa tersebut secara resmi telah menjadi bagian dari KalbarOnline.com.

Baca Juga :  SAA IAIN Pontianak Gelar Seminar Multikulturalisme: Potret Keragaman di Kalbar

“PPL ini akan dilaksanakan mulai pada tanggal 11 sampai 27 September,” terang Habibi saat memberikan sambutan.

Habibi menambahkan, bahwa pihak kampus percaya dengan KalbarOnline.com dalam melakukan pembimbingan terhadap para mahasiswa PPL-nya.

“Karena (KalbarOnline.com) memiliki reputasi yang baik sebagai sumber berita dan informasi yang dapat dipercaya, relevan dengan pilihan konsentrasi mahasiswa yang memungkinkan mereka mendapatkan pengalaman praktis di dunia jurnalistik,” tutur Habibi.

Selain itu, IAIN Pontianak pun menilai, bahwa KalbarOnline.com juga memiliki infrastruktur yang memadai untuk mendukung pembelajaran dan pengalaman praktis mahasiswa.

“(Dengan) memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dari profesional yang dimiliki media KalbarOnline.com,” ucapnya.

Kepada para mahasiswa yang akan menjalani PPL, Habibi turut berpesan agar mereka dapat memahami tugas dan tanggung jawab selama masa pembelajaran berlangsung, menjaga kedisiplinan dalam memenuhi tugas yang diberikan, menerapkan etika profesional dalam setiap tindakan dan interaksi dengan staf, narasumber dan masyarakat.

Baca Juga :  Gunakan Kemudahan Layanan Maxim, Pemuda di Pontianak "Kemas" Rumah Warga Purnama

“Bangun kerja sama (kolaborasi) yang baik dengan tim sesama peserta PPL dan bersama tim dari KalbarOnline.com serta jalin komunikasi dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Pemred KalbarOnline.com, Gusti Yusri menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada IAIN Pontianak yang telah mempercayai KalbarOnline.com sebagai tujuan PPL bagi mahasiswanya.

Yusri berharap, para mahasiswa tersebut dapat belajar lebih banyak seputar perusahaan pers dan kerja-kerja keredaksian di KalbarOnline.com.

“Semoga hal ini bisa dijadikan bekal pengalaman bagi adik-adik kedepannya,” katanya.

Penulis: Dinda Rahmi Dwi Putri/Mahasiswa PPL IAIN Pontianak 2023.

Cek Berita dan Artikel lainna di Google News

Comment