Dorce Gamalama Meninggal Dunia, MUI: Harus Diurus Sebagaimana Jenis Kelamin Awal

KalbarOnline.comKabar duka kembali menyelimuti Tanah Air. Dorce Gamalama meninggal dunia. Artis senior itu menghembuskan nafas terakhirnya di RSPP Simprug, Jakarta Selatan, pada Rabu pagi, 16 Februari 2022.

Dorce diketahui meninggal akibat Covid-19 setelah sebelumnya juga sempat mengidap sakit diabetes yang berkepanjangan.

Sebelumnya, Dorce Gamalama ingin dimakamkan sebagai perempuan. Hal ini lantas membuat kontroversi di tengah masyarakat. Sampai-sampai Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis turut memberikan tanggapan.

Menurut Cholil Nafis, jika merupakan jenazah transgender, maka harus diurus sebagaimana jenis kelamin sejak awalnya ia dilahirkan ke dunia.

Baca Juga :  Sehari Covid-19 Tambah 9.640, Paling Banyak di DKI Jakarta

“Jenazah transgender itu diurus sebagaimana jenis kelamin awal dan asalnya ya,” kata Cholil Nafis melalui akun Twitternya, @cholilnafis, belum lama ini.

Hal ini lantaran menurut Cholil, mengubah jenis kelamin memang tidak diakui dalam agama Islam. Sehingga hukumnya tetap berlaku pada jenis kelamin asalnya.

“Jadi mengubah kelamin itu tak diakui dalam Islam sehingga ia hukumnya tetap seperti jenis kelamin pertama,” kata Cholil.

Cholil mengatakan, laki-laki yang pindah menjadi seorang perempuan disebut dengan mukhannats (Lelaki berperilaku perempuan).

Sedangkan jika perempuan yang mengubah ke laki-laki adalah mutarajjil (perempuan berperilaku laki-laki).

Baca Juga :  Pastikan Vaksin Covid-19 Halal, Erick Kirim MUI dan BPOM ke Tiongkok

Seperti diberitakan sebelumnya, Dorce Gamalama akan dimakam sesuai awal kelahirannya di dunia. Hal ini merupakan keputusan anaknya, Fatimah.

Fatimah mengaku memberikan putusan itu karena Dorce Gamalama menyerahkan ke dirinya.

“Jadi mamah sudah menyerahkan kepada kita anak-anak jikalau terjadi seperti ini (Dorce meninggal.red) mamah nyerahin ke kita memutuskan untuk sesuai dengan lahirnya mamah,” kata Fatimah.

Dorce sendiri akan disalatkan di Masjid Al Hayyu sebelum dimakamkan. Masjid itu merupakan hasil renovasi dan bantuan Dorce.

Dorce Gamalama nantinya akan dikubur di TPU Bantarjati. Ia satu liang lahat dengan sepupunya.

Comment