Banyak Pembangunan Dengan APBD, Kades Sungai Putri: Sangat Bermanfaat untuk Masyarakat

Banyak Pembangunan Dengan APBD, Kades Sungai Putri: Sangat Bermanfaat untuk Masyarakat

KalbarOnline, Ketapang – Pemerintah Kabupaten Ketapang akan menjadikan kawasan di Kecamatan Matan Hilir Utara menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru. Kawasan potensial cepat tumbuh merupakan satu diantara 24 Kawasan Strategis Kabupaten (KSK) berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Ketapang nomor 3 tahun 2015 tentang rencana tata ruang wilayah Kabupaten Ketapang tahun 2015-2035.

Pemkab Ketapang saat ini tengah melakukan pembangunan di wilayah itu, sebagai wujud pemerataan pembangunan di wilayah Ketapang. Sejumlah program proyek seperti jalan dan jembatan terus dibangun di kawasan itu dengan menggunakan APBD.

Kepala Desa Sungai Putri Kecamatan Matan Hilir Utara Aspawi menyambut baik dengan adanya program pembangunan dari Pemkab Ketapang, khususnya di wilayah Desa yang ia pimpin. Ia menyebut kalau anggaran dari Dana Desa yang sudah tidak bisa untuk pembangunan fisik menjadi kendala sendiri bagi pembangunan di wilayahnya.

Baca Juga :  Razia Balap Liar, Polres Ketapang Amankan Puluhan Motor Berknalpot Racing

“Tentu dalam hal ini kami selaku Pemerintahan Desa sangat terbantu, terkait dua tahun terakhir ini kan dana desa tidak bisa menganggarkan untuk pembangunan fisik. Jadi keuangan desa itu hanya untuk BLT dan lain lainlah,” ujarnya saat dihubungi KalbarOnline, Selasa (21/12/2021).

Aspawi juga menyebutkan kalau dengan adanya pembangunan dari APBD ini sangat membantu pihaknya, terutama di bidang pertanian. Karena sebagian dari masyara desa itu berprofesi sebagai petani.

“Jadi yang tidak bisa terbangun dengan dana desa di bangun dengan APBD. Tentu ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya jalan-jalan menuju pertanian yang sehari-hari digunakan,” ujarnya.

Ia berharap agar Pemkab Ketapang pada APBD di tahun 2022 terus melakukan pembangunan di wilayahnya, khususnya di bidang pertanian.

Baca Juga :  Gerak Cepat Tangani Corona, PT WHW Salurkan Bantuan Alat Penunjang Kesehatan ke Masyarakat Kalbar

“Harapan kami tahun depan lebih banyak lagi dari APBD yang masuk ke Desa Sungai Putri, terutama di bidang Pertanian, seperti jalan usaha pertanian agar masyarakat yang sebagian berprofesi sebagai petani bisa lebih muda membawa hasil pertaniannya dari kebun,” harapnya.

Sementara itu, satu diantara warga setempat, Weli (40) mengaku kalau saat ini pembangunan yang dilakukan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Hal itu ia nilai dari azas manfaatkan yang dapat digunakan sehari-hari.

“Tentu sangat bermanfaat, karena seperti jalan ini kan kita setiap hari menggunakan untuk ke sawah. Kalau jalannya bagus kita jadi mudah bawa hasil panen,” ungkapnya.

Ia menambahkan kalau dirinya berharap agar pembangunan di wilayahnya dapat ditingkatkan kembali di tahun-tahun berikutnya. (Adi LC)

Comment