Wabup Subandrio Imbau Warga Sekadau Waspada Banjir

Wabup Subandrio Imbau Warga Sekadau Waspada Banjir

Sungai Kapuas Meluap, Sekadau Dilanda Banjir

KalbarOnline, Sekadau – Intensitas hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Sekadau beberapa waktu terakhir, mengakibatkan sejumlah wilayah di daerah itu terendam banjir.

Hal ini pun menjadi atensi Wakil Bupati Sekadau Subandrio. Dia mengimbau seluruh masyarakat Sekadau untuk waspada dan siaga mengingat kondisi saat ini.

“Sebagai daerah yang sering banjir saat musim hujan, masyarakat harus selalu waspada terjadi bencana ini. Saya imbau agar masyarakat Kabupaten Sekadau untuk memperhatikan perubahan cuaca, terutama di daerah yang rawan banjir,” imbaunya, Senin, 25 Oktober 2021.

Baca Juga :  Buka Semiloka Pengakuan Masyarakat Hukum Adat di Sekadau, Ini Kata Bupati Rupinus

Subandrio mewanti-wanti masyarakat yang berada di daerah pesisir pantai sungai untuk meningkatkan kewaspadaannya. Mengingat, banjir bisa terjadi tanpa ada peringatan terlebih dahulu.

“Dengan selalu waspada, kejadian bencana mengakibatkan korban jiwa bisa diminimalisir. Ini murni bencana alam bukan penataan kota yang kurang baik,” katanya.

Sementara Kepala BPBD Kabupaten Sekadau Matius Jon menuturkan hal serupa. Menurutnya, hal itu disebabkan curah hujan di daerah hulu sungai Sekadau yang memang tinggi.

“Banjir terjadi akibat hujan dari hulu. Bahkan saat ini, genangan air telah merendam sejumlah ruas jalan di Kecamatan Sekadau Hilir,” katanya.

Baca Juga :  Jaga Kebugaran dan Kesehatan Anggota, Polres Sekadau Gelar Tes Kesamaptaan Jasmani

Untuk itu pihaknya mengimbau agar masyarakat tetap waspada beraktivitas di kondisi saat ini.

“Kita terkena efek air dari tiga kabupaten di hulu daerah Sekadau dan penghulu Sungai Sekadau,” katanya.

“Tetap waspada dan berhati-hati, karena kondisi banjir masih terjadi. Kita berharap agar banjir segera surut, asalkan curah hujan tidak terlalu tinggi,” katanya. (Mus)

Comment