Penanganan Stunting Menjadi Tanggung Jawab Bersama

Penanganan Stunting Menjadi Tanggung Jawab Bersama

KalbarOnline, Melawi – Bupati Melawi Dadi Sunarya UY mengatakan, walaupun saat ini Pemerintah Kabupaten Melawi masih terus bekerja dalam penanganan Covid-19, pihaknya juga tidak mengenyampingkan program-program kesehatan lainnya.

“Di samping upaya penanggulangan Covid-19 saat ini, pemerintah juga fokus program prioritas kesehatan nasional seperti penurunan angka kematian ibu dan bayi, penurunan stunting, serta pengendalian penyakit lainnya,” kata Bupati, Rabu, 15 September 2021.

Bupati meminta dalam pelaksanaan program kesehatan tersebut, seluruh pihak baik pemerintah, swasta, dan masyarakat harus saling bekerjasama dan berkolaborasi untuk mencapai tujuan yang sama yaitu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Melawi.

Bupati juga mengatakan bahwa masih tingginya stunting dan angka kematian ibu dan bayi menjadi masalah bersama atau pekerjaan rumah yang harus segera ditangani.

“Masalah stunting harus dikerjakan secara gotong royong, tidak bisa diselesaikan oleh satu instansi semata, tetapi harus melibatkan lintas sektor instansi atau lembaga pemerintah, termasuk masyarakat secara luas,” ujar Dadi.

Kembali ditegaskan, persoalan stunting masih menjadi permasalahan serius. Karena itu, lanjutnya, pemerintah juga akan fokus untuk menurunkan jumlah kasus tersebut.

Dia menjelaskan, sebagai pos pelayanan terpadu bagi masyarakat, Posyandu yang berkualitas tentunya akan menyukseskan program pemerintah di bidang kesehatan, khususnya terkait permasalahan stunting dan kesehatan ibu dan anak.

BACA JUGA:  BAZNAS Melawi Santuni Rosnawati Penderita Lumpuh

Comment