Pekerjakan Warga Terdampak Covid-19 Dalam Pembangunan Surau

Pekerjakan Warga Terdampak Covid-19 Dalam Pembangunan Surau

KalbarOnline, Pontianak – Pembangunan Surau Babussalam di Gang Purnajaya, Kelurahan Siantan Hilir, Kecamatan Pontianak Utara cukup membantu masyarakatnya di tengah pandemi Covid-19. Lantaran pengerjaan pembangunan rumah ibadah tersebut memberdayakan masyarakatnya yang harus kehilangan mata pencariannya akibat pandemi Covid-19. Surau Babussalam sendiri ditargetkan rampung pada Februari 2022 mendatang.

Surau yang telah berdiri sejak tahun 1983 itu memiliki luas tanah sekitar 1.000 meter persegi. Di mana, surau seluas 196 meter persegi itu kondisinya sudah cukup tua sehingga membuat masyarakat bergotong royong memperbaiki surau tersebut.

Uniknya pembangunan Surau Babussalam ini, mempekerjakan warganya yang harus dirumahkan akibat pandemi covid-19. Ada sekitar 15 orang warga di Gang Purnajaya ini yang dipekerjakan. Mereka sebagian besar berprofesi sebagai kuli bangunan.

Baca Juga :  Gubernur Kalbar Minta Kapolda Periksa Provokator Soal Covid di Medsos

Ketua Rukun Warga Gang Purnajaya Uray Hafid yang juga merupakan Ketua Panitia Pembangunan Surau Babussalam mengatakan, untuk dana pembangunan surau sendiri murni swadaya masyarakat dengan total anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan surau sebesar Rp700 juta.

“Sengaja kita berdayakan masyarakat ini dalam rangka kita membantu mereka yang selama pandemi ini tidak ada penghasilan atau penghasilannya berkurang. Kebetulan kita sedang membangun, tidak ada salahnya kita berdayakan warga kita. Setidaknya ada penghasilan untuk mereka yang selama pandemi ini penghasilannya merosot,” kata dia.

Sementara salah seorang tokoh masyarakat setempat, Rudiansyah, menyambut baik pembangunan Surau Babussalam, yang kondisinya sendiri diakui Rudi memang sudah termakan usia.

Baca Juga :  Reses ke Batu Layang, Mardiana Siap Kawal Aspirasi Warga

Selain itu, dalam pembangunannya juga memberdayakan masyarakat yang dilibatkan sebagai pekerja. Di mana, mereka yang diberdayakan itu, kata Ketua Golkar Kecamatan Pontianak Utara ini, merupakan warga sekitar yang harus kehilangan mata pencahariannya akibat Pandemi Covid-19.

“Untuk pemberdayaan ini, sangat baik sekali, karena banyak masyarakat kita yang terdampak, dirumahkan atau terdampak pengurangan tenaga kerja, jadi dengan diberdayakannya mereka dalam pembangunan Surau Babussalam ini mudah-mudahan bisa membantu mereka. Jangan pandang besar kecilnya, Insya Allah apa yang kita bantu akan kembali kepada diri kita sendiri,” tutupnya.

Comment