by

Hadapi Moderasi Beragama, Kemenag Melawi Gelar Pembinaan Penyuluh Agama Islam

Hadapi Moderasi Beragama, Kemenag Melawi Gelar Pembinaan Penyuluh Agama Islam

KalbarOnline, Melawi – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Melawi menggelar pembinaan penyuluh agama Islam.

Penyuluh agama Islam PNS maupun non PNS dari sebelas kecamatan mengikuti kegiatan tersebut di Aula Kantor Kemenag Melawi, Kamis, 19 Agustus 2021.

Kegiatan ini antara lain dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kalbar Sahrul Yadi. Hadir pula Kepala Kantor Kemenag Melawi Abdulbar.

Kakanwil mengatakan, penyuluh agama dengan kearifan lokal mampu mendekati masyarakat dalam menyampaikan pesan-pesan keagamaan.

Selain itu, lanjutnya, penyuluh agama harus memahami moderasi agama, apalagi mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat. Penyuluh agama tidak boleh sembarangan mengemukan pendapat yang bertentangan.

Lebih lanjut Kakanwil mengungkapkan, para penyuluh merupakan ujung tombak dan garda terdepan Kemenag dalam menyampaikan syiar Islam kepada masyarakat.

“Saya berharap para penyuluh agama Islam harus memberikan pencerahan kepada masyarakat untuk menuju kehidupan yang lebih baik lagi,” harapnya.

Sementara itu Kepala Bidang Penais Kemenag Kalbar Kaharudin mengemukakan, pembangunan bidang agama merupakan bagian integral pembangunan nasional yang bertujuan untuk mewujudkan Indonesia yang damai, adil demokratis dan sejahtera.

“Pembangunan bidang agama adalah upaya untuk memenuhi salah satu hak dasa rakyat yang dijamin oleh konstitusi,” terangnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Kemenag Melawi Abdulbar, menuturkan, penyuluh agama Islam PNS dan non PNS selama ini telah mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Menurutnya, keberadaan penyuluh diyakini akan meningkatkan kualitas kehidupan keagamaan masyarakat. (SR)

Comment

Terbaru